Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye di Bandung, Cak Imin: Hentikan "Food Estate", Uangnya Salurkan untuk Petani

Kompas.com - 08/02/2024, 14:17 WIB
Faqih Rohman Syafei,
Pythag Kurniati

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar menyebut program food estate yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo gagal dan amburadul.

Hal ini disampaikan Cak Imin pada saat kampanye di GOR C-Tra Arena, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (8/2/2024).

Baca juga: Mahasiswa Tuntut Pemakzulan Jokowi, Cak Imin: Bisa Kita Diskusikan

Di hadapan kader dan simpatisan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Gus Imin sapaan akrab Muhaimin menyebut, triliunan rupiah yang digunakan untuk program food estate terbuang sia-sia.

Menurut dia, dana tersebut lebih baik dialihkan untuk membangun pabrik pupuk. Mengingat kebutuhan pupuk petani Indonesia yang sangat tinggi, namun masih sulit untuk didapatkan.

Baca juga: Cak Imin Sebut Pernyataan TKN soal Beri Jokowi Kesempatan Bangun Keluarga Politik sebagai Kebodohan

"Saya tanya ketua Komisi VI, duit Rp 100 triliun bisa untuk membangun pabrik pupuk yang sangat besar untuk produksi. Ini malah puluhan triliun digunakan untuk food estate yang berantakan dan gagal, tidak berikan solusi apa pun buat ketahanan pangan kita," kata Cak Imin.

Dia berjanji bila pasangan Anies-Muhaimin menang pada Pilpres 2024 akan mempermudah para petani mendapatkan pupuk demi produksi pangan yang lebih baik.

Pasangan Amin akan menghentikan program food estate dan mengalihkan anggaran untuk kesejahteraan para petani Indonesia.

"Hentikan food estate, uangnya salurkan untuk petani agar dapatkan pupuk secara langsung," kata Gus Imin.

Muhaimin Iskandar melakukan safari kampanye di Bandung mulai dari bertemu kader dan simpatisan PKB di dalam acara JABAR Ngahiji, AMIN Kahiji (Rebut Kemenangan) di Gor C-Tra Arena Kota Bandung, Kamis (8/2/2024).

Kemudian dilanjutkan dengan acara Bandung Ngahiji, Amin Ngajadi di Lapangan Bola Desa Nagreg, lalu acara Silaturahim Amin bersama Majelis Ta'lim Se-Bandung Raya di Ponpes Assalaam Bandung.

Gus Imin juga akan bertemu dengan dai kondang Aa Gym di Ponpes Draarut Tauhid, Kota Bandung dan ditutup dengan acara SLEPET IMIN Bandung di Armor Genuine Urban Forest.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com