Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenguk ART Korban Penganiayaan, Wagub Jabar: Dua Hari Lagi Bisa Pulang

Kompas.com - 01/11/2022, 14:37 WIB
Dendi Ramdhani,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menjenguk Rohimah (29), seorang asisten rumah tangga (ART), korban penganiayaan pasangan suami istri Yulio Kristiawan (29) dan Loura Francilia (29) di Rumah Sakit Sartika Asih, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (1/11/2022).

Uu menjenguk Rohimah didampingi sejumlah polisi. Berdasarkan pengamatan dan keterangan dokter, Uu mengatakan, kondisi Rohimah mulai membaik. Bahkan Rohimah bisa segera pulang.

"Alhamdulillah perkembangannya sudah sangat luar biasa, satu atau dua hari lagi sudah bisa pulang. Cuma dari pihak keluarga belum ada yang datang, informasinya hari ini sedang dalam perjalanan dari Limbangan (Garut) ke rumah sakit ini (Bandung)," ucap Uu.

Baca juga: Viral, Pelaku Penyiksaan ART di Bandung Barat Bekerja Jadi Admin Judi Slot, Polisi Akan Dalami

Uu mengaku prihatin dengan kejadian yang menimpa Rohimah. Ia berharap kejadian serupa tak terulang di Jawa Barat.

"Namanya manusia, mohon maaf, semiskin dan sekampungan apapun, tetap itu manusia yang punya rasa dan kemanusiaan yang harus kita hargai dan hormati. Jangan mentang-mentang orang kampung dianiaya seperti itu," paparnya.

Uu juga mengapresiasi masyarakat di kediaman pelaku dan korban di Perumahan Bukit Permata, blok G1, RT 04/RW 22, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, yang telah membantu korban dan aparat kepolisian mengungkap kejahatan tersebut.

Baca juga: Suami Istri Aniaya ART di Bandung Barat, Polisi Amankan Barang Bukti Panci hingga Peniti

"Saya berharap kepada masyarakat kalau ada kejadian di sekitar kita, harus benar-benar peka, karena menurut informasi kejadian ini bukan sekali ini saja, bahkan sering terdengar tangisan di malam hari," tuturnya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat dan aparat di situ, harapan kami ke depan tidak lagi apriori terhadap lingkungan. Dan janganlah menganiaya ART," jelasnya.

Sebelumnya, penganiayaan seorang asisten rumah tangga (ART) oleh dua majikannya di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, dilatarbelakangi hal sepele.

Korban atas nama Rohimah (29) mengalami penyiksaan oleh Yulio Kristian (29) dan Loura Francilia (28) alias Ola di kediaman mereka di Perumahan Bukit Permata, blok G1, RT 04/RW 22, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, KBB.

Korban Rohimah mengalami babak belur setelah mendapat perlakuan kekerasan menggunakan alat-alat dapur sejak tiga bulan terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com