Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Pangandaran Tak Yakin Ada Pungli seperti yang Dilaporkan Husein

Kompas.com - 17/05/2023, 05:10 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.com - Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata angkat bicara terkait dugaan pungutan liar (pungli) saat pelatihan dasar (Latsar) calon pegawai negeri sipil (CPNS)  yang dilaporkan Husein Ali Rafsanjani, aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Pangandaran, Jawa Barat.

Seperti diketahui, laporan tersebut yang membuat Husein merasa diintimasi oleh pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pangandaran.

Baca juga: Kepala BKPSDM Pangandaran Dicopot Buntut Laporan Dugaan Pungli dan Ancaman terhadap Husein

Jeje mengatakan, dari hasil pendalaman tim khusus yang sudah dibentuk, uang yang diberikan merupakan kesepakatan para peserta Latsar CPNS.

Baca juga: Husein, Guru yang Diduga Kena Pungli di Pangandaran, Akhirnya Pilih Pindah ke Bandung

"Ada kecenderungan, pemahaman dari teman-teman bahwa pungli itu hampir tidak seperti itu, karena itu berupa kesepakatan," ujar Jeje, di Tourism Information Center Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (16/5/2023).

Namun, Jeje menyerahkan keputusan benar tidaknya pungli tersebut kepada aparat penegak hukum.

Jeje mengatakan, saat ini tim Siber Pungli Jabar dan pihak kepolisian sudah turun mendalami dugaan itu.

"Tapi perlu saya garis bawahi, pungli benar dan tidak benar, kami serahkan kepada aparat hukum menyikapinya," ujar Jeje.

Sebelumnya diberitakan, video Husein viral di media sosial. Di video itu, Husein mengaku dintimidasi dan diancam karena melaporkan dugaan pungli saat Latsar CPNS Pemkab Pangandaran.

Sementara, Kepala BKPSDM Pemkab Pangandaran, Dani Hamdani, membantah adanya pungli saat Latsar CPNS dan ancaman terhadap Husein.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata kemudian membentuk tim khusus untuk menyelidiki hal itu.

Hasilnya, Jeje mencopot Kepala BKPSDM Pangandaran Dani Hamdani karena dianggap tidak profesional dalam menyikapi laporan Husein. (Penulis : Kontributor Pangandaran, Candra Nugraha)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com