Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Religi Berujung Tragedi, Kesaksian Peziarah Truk Oleng di Jalan Gelap Bandung Barat

Kompas.com - 26/01/2024, 17:34 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Iroh (50) tak pernah menyangka jika ziarah makam yang dilaksanakan puluhan warga Kampung Cinagrog, Desa Citalem, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat akan berakhir duka.

Sedikitnya ada 36 orang dari mulai anak-anak hingga dewasa yang ikut bertolak ke Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur untuk berziarah menumpangi truk engkel dengan bak terbuka.

"Ada 36 orang yang naik. Ibu naik di bak belakang. Ada juga yang berangkat naik motor ada yang naik angkot. Tapi yang naik truk ada 36 orang," ujar Iroh saat ditemui di Klinik Assyida, Saguling, Bandung Barat, Jumat (26/1/2024).

Baca juga: Truk yang Terguling di Bandung Barat Bawa 30 Peziarah, Penumpang Terlempar, 5 Tewas

Sesampainya di makam, truk yang mereka tumpangi mengalami kendala.

Sang sopir lantas memeriksa kendaraan dan memperbaiki trouble pada truk engkel tersebut.

Sementara rombongan peziarah bergegas menuju lokasi makam untuk melaksanakan ritual ziarah.

Pelaksanaan ziarah berjalan hidmat, doa-doa terpanjat dengan khusyu, sementara anak-anak mengikuti orangtuanya mengaminkan lantunan doa. Pelaksanaan ziarah berjalan tanpa hambatan, hingga mereka bersiap untuk kembali pulang ke kampung halaman.

"Waktu berangkat dari sini juga mobil sudah terasa rusak, pas sampai Cianjur itu sopirnya langsung memperbaiki dulu bagian remnya. Itu sekitar sejam diperbaikinya," papar Iroh.

Penampakan truk penuh darah usai mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Raya Saguling, Kabupaten Bandung Barat KBB Jawa Barat pada Jumat (26/1/2024) dini hari.KOMPAS.com/BAGUS PUJI PANUNTUN Penampakan truk penuh darah usai mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Raya Saguling, Kabupaten Bandung Barat KBB Jawa Barat pada Jumat (26/1/2024) dini hari.

Ziarah selesai. Rombongan bersiap untuk kembali ke kampung halaman. Mesin truk dinyalakan siap untuk pulang. Truk melaju dari Cianjur menyebrangi jembatan Citarum, belok kanan masuk ke Jalan Raya Saguling.

Mereka seakan masuk ke dalam sebuah lorong gelap yang entah berada di mana ujungnya. Permukiman pun jarang didapati, sebelah kiri tebing dan sebelah kanan jurang. Satu-satunya cahaya hanyalah lampu truk yang menyorot ke depan kendaraan.

Baca juga: Jalan Gelap dan Rem Blong Diduga Jadi Sebab Kecelakaan Maut Rombongan Peziarah di Bandung Barat

Suasana gelap itu diperparah dengan kondisi jalan yang rusak parah. Tak jarang roda truk masuk ke lubang jalan mengagetkan para penumpang.

Setibanya di kontur jalan yang menurun dan berkelok, kendaraan melaju terlalu mepet ke sebelah kiri. Sopir yang tidak terlalu awas penglihatannya karena gelap spontan langsung membanting stir ke sebelah kanan.

Sopir pun kehilangan kendali lantaran jalan tiba-tiba menurun ke bawah. Truk itu oleng ke kanan dan ke kiri hingga menginjak jalan yang rusak kemudian terpelanting dan bum, kecelakaan tak terhindarkan.

"Posisi penumpangnya itu pada duduk, kan biasanya berdiri. Nah pas kejadian itu truknya oleh terus terguling, saya tiba-tiba di kolong mobil. Yang lain itu terlempar," jelas Iroh.

Semua penumpang di bak truk terlempar entah kemana. Tubuhnya membentur ke sana kemari tak terkendali. Bak sebuah film Hollywood, truk itu jungkir balik dan berhenti dalam kondisi melintang menutup jalan.

"Saya luka di kepala sama kaki. Enggak tahu kena apa. Yang jelas terjatuh dari truknya, tiba-tiba saya berada di kolong mobil," kata Iroh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com