Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detik-detik Kecelakaan Truk Angkut 30 Peziarah di Bandung Barat yang Tewaskan 5 Orang, Rem Sempat Rusak

Kompas.com - 26/01/2024, 18:08 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Sebuah truk yang mengangkut 30 peziarah megalami kecelakaan di Jalan Raya Saguling, Kampung Saleos, Desa Saguling, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (26/1/2024) dini hari.

Akibat kecelakaan tersebut, lima orang dinyatakan tewas dan 25 orang lainnya luka-luka.

Tiga puluh peziarah yang naik bak truk terbuka tersebut adalah warga Kampung Cinagrog, Desa Citalem, Kecamatan Cipongkor, Bandung Barat.

Pada Jumat dini hari, rombongan tersebut pulang usai berziarah di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Kamis (25/1/2024).

Baca juga: Wisata Religi Berujung Tragedi, Kesaksian Peziarah Truk Oleng di Jalan Gelap Bandung Barat

Mereka berangkat dari Cianjur ke Cipongkor pada pukul 00.30 WIB.

Mereka menaiki bak truk yang disopiri Heri Sudrajat dan melewati jalan dengan kontur jalan menurun dan berbelok. Namun saat melintas, Heri kehilangan kendali hingga truk terguling ke kanan.

Di saat bersamaan seluruh penumpang pun berhamburan di jalan.

Kasat Lantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto mengatakan truk sempat terguling di jalan turunan, tetapi kembali ke posisi normal.

"Kendaraan terguling ke sebelah kanan. Namun, posisi kendaraan kembali normal di atas roda menghadap ke arah barat," ungkapnya.

"Jumlah penumpangnya sekitar 30 orang, untuk korban meninggal dunia ada 5 orang, 10 luka berat, dan 15 hanya mengalami luka ringan," tambah dia.

Baca juga: Truk yang Terguling di Bandung Barat Bawa 30 Peziarah, Penumpang Terlempar, 5 Tewas

Untuk jenazah para korban yang meninggal telah dibawa ke rumah masing-masing. Sementara itu, para korban yang mengalami luka masih dirawat di beberapa rumah sakit.

"Korban itu ada yang dirujuk ke RSHS, lalu ke RS Cahya Kawaluyan, dan ke Klinik Asy Syifa Cipatat," katanya.

Sopir sempat perbaiki rem

Lima orang tewas dalam kecelakaan truk bernomor polisi D 8304 WY di Jalan Raya Saguling, Kampung Saleos, Desa Saguling, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (26/1/2024), sekitar pukul 00.30 WIB.KOMPAS.com/BAGUS PUJI PANUNTUT Lima orang tewas dalam kecelakaan truk bernomor polisi D 8304 WY di Jalan Raya Saguling, Kampung Saleos, Desa Saguling, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (26/1/2024), sekitar pukul 00.30 WIB.
Sopir truk yang mengalami kecelakaan di Jalan Leuwibudah, Kabupaten Bandung Barat, sempat memperbaiki rem sebelum membawa rombongan pulang dari Cianjur.

Hal itu diungkapkan Iroh (53), warga Cinagrog RT01 RW09, Desa Citalem, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat yang menjadi korban kecelakaan.

"Mobilnya sudah rusak, terus sempat dibenerin remnya satu jam pas di Cianjur, bukan sama montir tapi sama sopirnya," ujar Iroh saat ditemui di di Klinik Asydha, Saguling, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (26/1/2024).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com