Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mekarbuana, Desa di Puncak Karawang yang Bersolek Jadi Agro Ekowisata

Kompas.com - 17/12/2022, 07:13 WIB
Farida Farhan,
Reni Susanti

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Desa Mekarbuana bagai puncaknya Karawang. Desa yang letaknya paling atas di Pegunungan Sanggabuana.

Karenanya tak heran, ada belasan hingga puluhan destinasi wisata di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru. Mulai dari kuliner, wisata alam, hingga arena berkemah.

Letaknya sekitar 42 kilometer dari pusat Kota Karawang. Waktu tempuhnya sekira 1 jam 42 menit dengan medan berliku dan naik turun.

Baca juga: Karawang Punya 10 Lumbung Pangan untuk Tampung 1.000 Ton Gabah

Kepala Desa Mekarbuana, Jaji Maryono menyebut, desanya mempunyai banyak potensi. Termasuk agro ekowisata.

Sebab di wilayah Desa Mekarbuana diketahui sebagai penghasil kopi, durian, manggis, alpukat, dan pisang. Perkebunan ketiganya banyak ditemui di wilayah itu

"Slogan kami desa agro ekowisata," kata Jaji saat tanya jawab dengan Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi dan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana di Kantor Desa Baturaden, Kecamatan Batujaya, Karawang, Rabu (14/12/2022).

Jaji sengaja mengusung agro ekowisata, agar wisata di daerahnya tetap selaras dengan lingkungan.

Baca juga: Stabilkan Harga Jelang Nataru, Pemkab Karawang Gelar Pangan Murah

 

Hanya saja, saat ini belum memungkinkan untuk wisata petik buah karena beberapa hal. Pihaknya baru bisa menjajakan buah yang dihasilkan daerahnya di sepanjang jalan menuju sejumlah destinasi wisata.

Desa wisata

Salah satu destinasi wisata yang ada di Desa Mekarbuana, Tegalwaru, Karawang, Jawa Barat.KOMPAS.COM/FARIDA Salah satu destinasi wisata yang ada di Desa Mekarbuana, Tegalwaru, Karawang, Jawa Barat.

Jaji berharap desanya jadi desa wisata. Terlebih selain wisata alam dan agrowisata, wisata kuliner dan buatan juga banyak ditemui di desa itu.

Wisata alam andalan yakni Curug Cigentis, Curug Bandung, dan wisata sepanjang aliran Sungai Cigentis di Desa Mekarbuana yang berbatu. Kemudian ada wisata kuliner. Seperti Kedai Wakil Enim yang sunda pisan.

"Setiap tempat wisata kuliner punya khas terdiri," kata dia.

Pengunjung wisata di Mekarbuana tak hanya dari Karawang. Tetapi juga beberapa kota lain. Bahkan, 60 persen pengunjung ke desanya berasal dari Bekasi.

Hanya saja, perlu ada surat keputusan (SK) dari Bupati Karawang. Untuk menuju desa wisata itu, Desa Mekarbuana pun bersiap.

Namun ia mengakui pendampingan dan peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) untuk mengelola desa wisata.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com