Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Bandung Ditangkap KPK, Pelepasan Mudik Gratis di Balai Kota Sempat Terbengkalai

Kompas.com - 15/04/2023, 10:33 WIB
Putra Prima Perdana,
Andi Hartik

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Yana Mulyana seharusnya menghadiri kegiatan pelepasan bus program mudik gratis angkutan Lebaran tahun 2023 Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Perhubungan Kota Bandung di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, hari ini, Sabtu (15/4/2023).

Namun, Yana batal menghadiri kegiatan tersebut lantaran tertangkap tangan oleh pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat (14/4/2023) malam. Yana ditangkap atas dugaan korupsi suap pengadaan barang dan jasa di Dinas Perhubungan Kota Bandung.

Kegiatan mudik gratis tersebut rencananya akan digelar pukul 09.00 WIB, namun hingga pukul 09.30 WIB, kegiatan tersebut terbengkalai karena belum ada satu pun pimpinan Pemerintah Kota Bandung yang datang untuk melepas ratusan pemudik.

Baca juga: Wali Kota Bandung Yana Mulyana yang Terjaring OTT KPK Punya Harta Rp 8,5 Miliar

Bukan hanya Wali Kota, anggota Forkopimda lainnya, seperti Ketua DPRD Kota Bandung, Kapolrestabes Kota Bandung dan beberapa pejabat lainnya termasuk Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung yang diagendakan hadir dalam kegiatan tersebut juga tidak terlihat.

Pantauan Kompas.com, para pemudik yang hadir di balai kota tampak ada beberapa yang masih melakukan registrasi. Namun, sebagian besar tinggal menunggu pemberangkatan.

"(Dilepas) Sama saya dari Dishub karena Pak Wali dan Pak Kadis enggak ada, lagi berhalangan hadir," ungkap Asep Kurnia, Kepala Bidang Angkutan dan Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Kota Bandung, Sabtu pagi.

Baca juga: Profil Yana Mulyana, Belum Genap Setahun Jabat Wali Kota Bandung, Terjaring OTT KPK

Lebih lanjut, Asep menjelaskan, pemudik akan segera diberangkatkan agar tidak terjadi kekhawatiran dari para peserta mudik gratis. Sekitar pukul 10.05 WIB pun bus diberangkatkan.

"Sambil tunggu arahan pimpinan," ungkapnya.

Asep menambahkan, kegiatan mudik gratis tersebut akan diikuti oleh 285 orang dengan rincian tujuan ke Solo 94 orang, Yogyakarta 88 orang, Sukabumi 26 orang, Ciamis 25 orang, Cirebon 52 orang.

Halaman:
Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com