Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik yang Lintasi Tol Cisumdawu Capai 700 Mobil Per Jam

Kompas.com - 19/04/2023, 12:38 WIB
Aam Aminullah,
Reni Susanti

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Pada H-3 Lebaran 2023, ratusan kendaraan pemudik dari Bandung dan Jakarta menuju Jawa Tengah dan sekitarnya mulai terlihat memasuki Tol Cismudawu, Rabu (19/5/2023).

Pemudik asal Prambanan, Yogyakarta, Susanto mengaku bersama keluarganya hendak mudik ke Yogyakarta via Tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Cisumdawu) dari Jakarta.

"Dari Jakarta mau mudik ke Jogja (Yogyakarta), nganter saudara dulu ke Bandung, jadi mudiknya lewat ke Cisumdawu," ujar Susanto kepada Kompas.com di Rest Area Darurat Seksi 4, Km 194 Tol Cisumdawu, Rabu siang.

Baca juga: Tol Cisumdawu Dibuka Hari Ini, Tersambung hingga Cipali Gratis

Susanto menuturkan, karena masuk ke Bandung terlebih dahulu, ia akhirnya memilih menempuh perjalanan via Tol Cisumdawu.

"Kalau ke Cipali dulu kata saudara itu malah muter jalannya, terus lebih menghemat waktu ke Cisumdawu, sekitar dua jam-an, jadi tadi diputuskan lewat sini," tutur Susanto.

Susanto menyebutkan, selain menghemat jarak tempuh dan waktu, ia juga penasaran ingin menjajal tol baru.

Baca juga: Polda Jabar Sebut Tol Cisumdawu Masih Punya Kendala Teknis, Jalur Alternatif Lain Disiapkan

"Ini pertama kali saya masuk ke tol ini. Alhamdulillah ya, sudah bagus jalannya, perjalanannya juga lancar tadi, terus pemandangan hampir di sepanjang jalan tolnya juga indah," tutur Susanto.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Sumedang, AKBP Indra Setiawan mengatakan, pada H-3 Lebaran ini, ada 500 hingga 700 kendaraan pribadi yang mengakses jalur Tol Cisumdawu seksi 4-6.

"Pada H-3 Lebaran ini, arus mudik di jalur Tol Cisumdawu terpantau mulai ramai. Ada 500-700 kendaraan yang melintas sejak dibuka tadi pagi," ujar Indra.

Indra mengimbau, pengguna jalan tetap waspada selama menempuh perjalanan dari Bandung, Jakarta menuju Cirebon, Jawa Tengah, dan sekitarnya.

"Tadi ke pemudik yang masuk rest area juga selalu kami ingatkan untuk tetap waspada, karena tol ini dibuka sifatnya masih fungsional, sementara. Jadi, kami imbau juga, bagi pemudik yang akan menempuh perjalanan via Tol Cisumdawu, untuk mampir ke rest area sementara ini, jika merasa lelah atau mengantuk," kata Indra. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com