Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Ganjar Pranowo Jadi Capres, PDI-P Jabar Jamin Semua Kader Patuh Putusan Megawati

Kompas.com - 21/04/2023, 16:31 WIB
M. Elgana Mubarokah,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri resmi menunjuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024 dari PDI-P.

Pengurus PDI-P di sejumlah wilayah menyampaikan komitennya untuk mendukung putusan partai. Salah satunya PDI-P Jawa Barat.

Baca juga: Profil Ganjar Pranowo, Capres dari PDI-P

Wakil Ketua Bidang Politik Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-P Jawa Barat Apriyanto Wijaya mengatakan, penunjukan Ganjar sebagai capres dari PDI-P merupakan pemikiran dan pertimbangan panjang Ketum PDI-P. 

Baca juga: Ditunjuk Jadi Capres dari PDI-P, Ganjar Pranowo: Mudah-mudahan Saya Mampu

Menurutnya, dipilihnya Ganjar bukan hanya soal memenangkan partai, tetapi juga sebuah upaya melanjutkan proses perjalanan kebangsaan.

"Itu pasti sudah berangkat dari pemikiran panjang ibu ketua umum, yang pasti basis penetapannya ideologis. Sangat-sangat ideologis," katanya saat dihubungi, Jumat (21/4/2023).

Pria yang karib disapa Apri ini mengatakan, sosok Ganjar bakal mampu mengemban tugas ideologis yang diberikan Megawati.

Dia juga meyakini semua kader partai di Jabar akan patuh kepada perintah Ketua Umum dan akan memenangkan Ganjar di Jabar.

"Momentum ke depan sebagai kader partai, sebagai petugas partai, saya pasti akan melaksanakan perintah dari ketum dari ketua DPD PDI Jabar yang mendelegasikan untuk memimpin dan mengamankan kemenangan Mas Ganjar di Jabar," ungkapnya.

"Saya sebagai kader Wakil Ketua Bidang Politik akan menjalankan dan memastikan Ganjar Pranowo menang di Jabar," ujar Apri.

Kendati begitu, usai pengumuman Ganjar sebagai capres, belum ada instruksi atau informasi khusus terkait konsolidasi internal.

Disinggung terkait nama Puan Maharani yang sempat mencuat sebagai capres PDI-P, dia mengatakan, semua akan patuh terhadap instruksi Megawati. 

"Kalau di PDI Perjuangan, perintah ketum itu semua kader pasti akan taat dan patuh," tambahnya.

Ia menegaskan, tidak akan ada polemik internal terkait penunjukan Ganjar sebagai capres.

Menurut dia, partai berlogo banteng itu sangat solid menjalankan instruksi Ketum Megawati. 

"Sangat-sangat tidak akan. Saya sangat yakin bahwa PDI Perjuangan partai yang solid, partai yang taat terhadap perintah ketum, partai ideologis, partai yang sangat terstruktur, dan partai yang sudah mengalami asam garam perjuangan," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com