Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

17 Tim Wanita Daki 17 Gunung di Jawa pada 17 Agustus 2023

Kompas.com - 14/08/2023, 21:17 WIB
Putra Prima Perdana,
Reni Susanti

Tim Redaksi

 

BANDUNG, KOMPAS.com -  Sebanyak 17 tim pendaki wanita bakal merayakan hari kemerdekaan Indonesia ke-78 dengan mendaki 17 gunung di Pulau Jawa secara serempak.

Pendakian gunung tersebut diinisiasi brand olahraga luar ruang asal Bandung, Eiger Adventure.

Mengusung judul Ekspedisi 17, pendakian tersebut bakal dilakukan secara serentak dengan tujuan mengibarkan Bendera Merah Putih di puncak 17 gunung pada 17 Agustus 2023. 

Baca juga: Usung Pemilu Damai, Lomba 17 Agustus di Gamping Sleman, Warga Gunakan Topeng Capres Cawapres

General Manager Marketing Eiger, Riadi Suwarno mengatakan, 17 gunung yang akan didaki 17 tim wanita adalah Ciremai, Cikuray, Patuha, Bongkok, Lawu, Bismo, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, Merbabu, Kembang, Andong,  Butak, Wilis, Arjuno, dan Argopuro.

"Ekspedisi 17 yang diikuti oleh 17 tim pendaki wanita membawa misi untuk kenali negeri melalui keindahan gunung di Indonesia," kata Riadi dalam konferensi pers di Eiger Store, Jalan Sumatera, Kota Bandung, Senin (14/8/2023). 

Baca juga: Sejarah Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI, Pertama Kali Dilaksanakan di Yogyakarta pada 17 Agustus 1946

Penanggung Jawab Ekspedisi 17, Galih Donikara mengatakan, kegiatan ini merupakan gerakan dukungan bagi pendaki wanita agar tetap berkarya dan melakukan perjalanan bahkan ekspedisi, tanpa perlu khawatir dengan berbagai batasan. 

“Selama ini dalam dunia pendakian apalagi ekspedisi adalah hegemoni laki-laki, bahkan menjadi stereotip negatif kalau wanita ikut ekspedisi itu akan merepotkan. Eiger ingin memberikan ruang bahwa wanita itu bisa terlibat aktif dalam kegiatan di alam bebas,” ujar Galih.

Galih menambahkan, Ekspedisi 17 ini juga sebagai aplikasi materi bagi tim pendaki wanita setelah mengikuti pembelajaran dan pembekalan di Eiger Women Adventure Course pada Mei 2023. 

Salah satu pendaki wanita yang akan mendaki gunung Arjuno di Jawa Timur, Mia Fitriani mengaku sangat memimpikan bisa mendaki gunung.

Sebab selama ini banyak orang beranggapan wanita tidak bisa mendaki gunung sendiri. Padahal, banyak wanita mampu mendaki gunung tanpa bantuan pria. 

"Sebagai pegiat alam saya ingin mengeksplor Indonesia dan gunung yang ada di Jawa. Jadi ini merupakan kesempatan besar buat saya," pungkasnya. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com