Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran TPA Sarimukti Meluas sampai 7 Hektar, Api Menjalar ke 3 Zona Pembuangan

Kompas.com - 22/08/2023, 18:23 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com- Kebakaran di area lahan sampah TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat meluas sampai 7 hektar.

Petugas pemadam kebakaran kesulitan menjinakkan api lantaran angin di lokasi berhembus cukup kencang dan banyaknya sampah plastik yang mudah terbakar, sehingga api dengan mudah menjalar ke area lahan sampah lebih luas.

Kepala UPTD PSTR DLHK Provinsi Jawa Barat Arief Perdana mengatakan, mulanya api hanya berada di zona 4.

Namun, terhitung empat hari api belum padam sehingga kebakaran juga melanda zona 2 dan 3.

"Api terus menjalar sekarang hampir 7 hektar yang terbakar. Area yang terbakarnya di zona 2, 3, dan 4. Tapi zona 4 sudah berhasil padam," ujar Arief di TPA Sarimukti, Selasa (22/8/2023).

Baca juga: 3 Desa di Bandung Barat Tercemar Asap Kebakaran TPA Sarimukti, Warga Diminta Pakai Masker

Sedikitnya ada 8 unit mobil pemadam dikerahkan untuk menaklukkan titik api di 3 zona pembuangan sampah itu.

Pengelola juga mengerahkan 4 unit ekskavator untuk membuat parit agar api tidak menjalar ke area lebih luas.

"Segala upaya telah dilakukan oleh pengelola dan petugas kebakaran. Kita sudah buat parit untuk lokalisasi api, tapi karena di bawah galian parit bukan tanah, jadi api tetap menjalar," kata Arief.

Kebakaran yang melanda gunungan sampah di TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat belum juga padam, Senin (21/8/2023).Bagus Puji Panuntun Kebakaran yang melanda gunungan sampah di TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat belum juga padam, Senin (21/8/2023).

Menurutnya, penanganan kebakaran ini tidak bisa hanya dilakukan dengan mengerahkan mobil pemadam dan ekskavator saja.

Arief bakal berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Jawa Barat untuk percepatan penanggulangan kebakaran, salah satu opsi yakni mengerahkan pemadaman metode vertikal dengan mengerahkan helikopter water bombing.

"Saya akan koordinasi temen-temen BPBD. Mudah-mudahan ada solusi. Kita sekarang sudah kerahkan Damkar dari Bandung Raya. Mudah-mudahan ada solusi lain dari BPBD untuk percepatan penanganan kebakaran secara vertikal," paparnya.

Baca juga: Kebakaran Gunungan Sampah Meluas, Operasional TPA Sarimukti Disetop Sementara

Besarnya api yang membakar 7 hektar lahan sampah di 3 zona cukup mengkhawatirkan pengelola, sehingga mau tak mau dengan alasan keamanan operasional TPA Sarimukti ditutup sementara.

"Hari ini sudah mulai ditutup. Mudah-mudahan hari ini surat resmi penyetopan sementara sudah ditandatangani sekda. Jadi kalau ini masih membahayakan, ini akan tetap kami tutup sementara sampai batas tak ditentukan," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com