Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Mata Ridwan Kamil Jatuh Saat Ceritakan Sosok Anak Pertamanya di Acara Pisah Sambut

Kompas.com - 06/09/2023, 05:30 WIB
Faqih Rohman Syafei,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meneteskan air mata di hadapan tamu undangan yang hadir pada acara Pisah Sambut: Malam Refleksi Kepemimpinan Jabar Juara di Hotel Pullman, Kota Bandung, Selasa (5/9/2023) malam.

Air mata Emil sapaan akrabnya itu jatuh saat menceritakan momen kehilangan anak pertamanya Emmeril Kahn Mumtadz yang meninggal dunia saat terbawa arus di Sungai Aare, Swiss, pada Kamis (26/9/2023).

Di momen tersebut, dia mengaku sangat terpukul saat mengetahui anak pertamanya Eril sapaan akrabnya hilang saat berenang di Sungai Aare.

Hal ini bahkan menjadi titik terendah dalam hidupnya, terlebih ketika itu Emil sedang mengemban tugas sebagai Gubernur Jabar.

Baca juga: Ditanya Langkah Politik, Ridwan Kamil Bilang Bakal Ada Kejutan Pekan Depan

"Batin ini terkoyak, anak can kapanggih (anak belum ketemu) tapi pekerjaan begitu luar biasa," ujarnya sambil menahan tangis, Selasa (5/9/2023) malam.

Sosok anak pertamanya itu merupakan pribadi yang sangat inspiratif bagi orang-orang di sekitarnya. Dia pun mengaku baru mengetahuinya berdasarkan pengakuan sejumlah rekan anaknya terkait sepak terjang Eril semasa hidup.

"Allah memberi kemuliaan di hari pulangnya (Emmeril) menjadi sosok anak muda yang inspiratif, tidak hanya dikenal di kampungnya, tapi sampai ke mancanegara. Hari ini ratusan ribu (orang) masih menziarahi makamnya, cerita-cerita rahasianya dalam menolong orang, orang tuanya pun tidak tahu," katanya.

Emil mengatakan, sempat kaget dan bangga saat mengetahui cerita-cerita tentang kebaikan anak pertamanya. Akan tetapi, sebagai orang tua hal yang paling menyakitkan adalah kehilangan anak.

Baca juga: Kepemimpinan Berakhir, Ridwan Kamil Serahkan Kujang Pusaka ke Bey Machmudin

"Jadi semua ledakan itu saya ledakan di dalam rongga dada saya. Setelah meledak, baru saya keluar memperlihatkan wajah yang bukan aslinya. Karena teriakan terkeras di alam semesta, itu adalah teriakan seorang ayah saat kehilangan anaknya," ucapnya.

Sebelumnya, Ridwan Kamil resmi purnatugas sebagai Gubernur Jabar pada hari ini, Selasa (5/9/2023). Jabatannya langsung diisi oleh Bey Triadi Machmudin sebagai Penjabat Gubernur Jabar yang dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com