Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juarai Kualifikasi, Tim Catur Jabar Targetkan 6 Emas di PON 2024

Kompas.com - 04/12/2023, 06:38 WIB
Reni Susanti

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Pecatur 8 provinsi dipastikan melenggang ke PON XXI 2024 di Aceh dan Sumut. Dari 8 provinsi, Jabar menduduki peringkat teratas.

Adapun kedelapan provinsi itu yakni Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Tengah, Sulawesi Tengah, dan Lampung. Mereka lolos setelah berkompetisi dengan 12 provinsi lainnya.

Di nomor perorangan putri, Women Grand Master (WGM) Irene Kharisma Sukandar di peringkat pertama dalam babak kualifikasi putri mengharumkan nama Jabar.

Baca juga: Direhabilitasi untuk PON 2024, Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh Akan Dirobohkan

Selain Irene, tujuh atlet dari provinsi lain menyusul di antaranya, Women International Master (WIM) asal Kaltim Chelsea Monica Sihitte, Women Nasional Master (WNM) asal Papua, Ivana Lasama, serta Women International Master (WIM) Umi Fisabillah dari DKI Jakarta.

Juara lainnya adalah Women Fide Master (WFM), Baiq Vina Lestari asal NTB. Shafira Devi Hafsera dari DIY. Tri Utama dari Kalbar dan Women Fide Master (WFD), Ananda Astri Harsono dari Jawa Timur.

Baca juga: Pemprov Aceh Khawatir Ketiadaan Bank Konvensional Sulitkan Atlet Saat PON

Di nomor beregu putri, satu tiket PON XXI/2024 diraih Jawa Barat dengan peringkat tertinggi, yaitu Diajeng T Singgih, Medina Warda Aulia, Dita Karenza, Regita Dasari Putri serta Dewi A Citra.

Di babak Playoff perorangan putra, Jawa Barat menyabet satu tiket PON XXI/2024 atas nama Fide Master (FM) Arief Abdul Hafiz. Dia berhasil melalui pertarungan catur cepat melawan pecatur sesama Fide Master, Khairul Anam dari Jawa Timur.

Sedangkan, enam pecatur lainnya sudah lebih dulu lolos di Babak Kualifikasi di Yogyakarta yaitu, Nasional Master (NM), Zaky Dhianulhaq dari Sulawesi Tengah, Andi Juandra (Bengkulu), Fide Master (FM), Hani Marentek (Papua Barat), Nasional Master (NM), Ruby Tamono, pecatur Kalimantan Utara, Michael Owen (OC), serta Nasional Master (NM), Amrin Ali (Maluku).

Sekretaris Umum Percasi Jawa Barat, Dicky Iman Firmansyah bersyukur tim Jabar menempati rangking pertama.

“Alhamdulilah, ini pencapaian yang patut kita apresiasi untuk atlet-atlet kita," ujar Dicky dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (3/12/2023).

"Di mana perorangan putri, perorangan putra playoff dan regu putri semua di peringkat pertama, dan target kita memang harus kesatu dan semuanya tercapai," tambah dia.

Menurut Dicky, semua atlet catur Jawa Barat yang tampil di ajang Babak Kualifikasi tersebut adalah tim inti.

Dengan hasil akhir di babak kualifikasi dan playoff, pihaknya optimistis akan memenuhi target sesuai fakta integritas yang dibuat, yaitu merebut enam medali emas di PON 2024.

Dicky mengungkapkan, penyelenggaraan babak kualifikasi cabor catur nor putri dan babak playoff PON XXI/2024 yang didukung Super Challenge ini digelar di Bandung akhir November 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com