Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Balik Gelombang 2 Lancar, Korlantas Tunda Rekayasa One Way dari Gerbang Palimanan KM 188

Kompas.com - 01/01/2024, 16:57 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Khairina

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com - Kepala Korlantas Mabes Polri meninjau pelaksanaan pengamanan puncak arus balik gelombang kedua pada libur Tahun Baru 2024, di Kilometer 188 Gerbang Palimanan, Tol Cipali, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (1/1/2024) siang. 

Korlantas memprediksi puncak arus balik gelombang kedua pada jatuh pada hari ini dan akan berlangsung hingga Senin malam nanti.

Berdasarkan informasi, rombongan Korlantas Mabes Polri melakukan pemantauan pergerakan arus balik gelombang kedua ini di beberapa titik, antara lain ruas tol Jakarta Cikampek, Tol Cipali, Palikanci dan seterusnya.

Baca juga: Puncak Arus Balik Tahun Baru di Cipularang dari Bandung Diprediksi Terjadi Malam Ini

Petugas juga memeriksa kesiapan rest area di sepanjang jalur tol tersebut pada jalur B yang akan menampung para pengendara yang hendak istirahat saat kembali ke ibukota Jakarta.

Kakorlantas Mabes Polri, Irjen Pol Aan Suhanan, menyampaikan berdasarkan evaluasi dan catatan tim satuan lalu lintas dan juga pengelola tol, puncak arus balik akan berlangsung pada Senin hari ini. 

"Prediksi kita hari ini memang puncaknya (arus balik gelombang dua). Hari ini itu prediksi pertemuan di kilometer 66 dan 65, ada sekitar 140," kata Aan saat ditemui Kompas.com di di Gerbang Palimanan KM 188.

Aan menyampaikan Korlantas Mabes Polri sebelumnya berencana menerapkan rekayasa arus lalu lintas berupa one way atau sistem satu arah di Kilometer 188 pada pukul 14.00 WIB.

Namun, pada kenyataannya, arus lalu lintas dari arah Tol Kalikangkung Semarang yang mengarah ke Tol Cipali, ramai lancar. Atas dasar itu, Aan menunda melakukan intervensi rekayasa arus lalu lintas. 

"Sampai tadi jam 14.00 WIB sampai 15.00 WIB, ini angkanya belum menyentuh parameter yang kita tentukan. Masih di angka 2.500 kendaraan ke bawah, dan di sini ini parameter nya 2.700 kendaraan ke atas (per jam)," tambah Aan.

Baca juga: Arus Balik Nataru, Kendaraan Mulai Tinggalkan Lembang

Berdasarkan data hitungan kendaraan di titik titik pemantauan tersebut, Korlantas masih memberlakukan puncak arus balik gelombang kedua libur tahun baru secara normal.

Sementara itu, pergerakan kendaraan di titik pertemuan kilometer 66 Tol Cikampek, sudah terdata sekitar 140 ribu kendaraan yang melintas.

Dan data hitungan per jam, arus kendaraan balik sudah mencapai 6.000 kendaraan perjamnya.

Sehingga, Aan sebut pihaknya akan memberlakukan rekayasa arus lalu lintas berupa kontraflow dari kilometer 70 hingga 47 pada pukul 16.00 WIB.

"Jadi sekarang kita sedang persiapkan untuk kontraflow di kilometer 70 sampai dengan 47. Ini sedang persiapan, satu jam lagi dimulai," tambah Aan.

Pihaknya akan terus memantau perkembangan arus lalu lintas dan akan menerapkan rekayasa secara situasional.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com