Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diwaspadai, Potensi Bencana di Garut Saat Musim Hujan sampai Mei 2024

Kompas.com - 10/01/2024, 11:29 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

Sumber Antara

GARUT, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman potensi bencana alam, seperti longsor, banjir, dan pohon tumbang saat musim hujan yang diperkirakan berlangsung sampai Mei 2024.

"Untuk selalu mengantisipasi atau memberikan edukasi dan sosialisasi bahwa hidrometeorologi ini waktunya cukup lama, sampai bulan Mei, jadi harus selalu waspada, siap siaga."

Demikian kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Aah Anwar Saefuloh di Garut, Selasa (9/1/2024) kemarin.

Baca juga: Hujan Angin di Majalengka, Pohon Tumbang Timpa Mobil dan Rumah Ambruk

Ia menuturkan, saat ini sudah memasuki musim hujan, dan di Kabupaten Garut sudah terjadi beberapa kali bencana alam, seperti longsor dan pohon tumbang di awal tahun 2024.

Adanya potensi bencana alam itu, kata dia, menjadi perhatian BPBD Garut agar seluruh petugas siap siaga dan mampu melakukan langkah antisipasi maupun sosialisasi kepada masyarakat untuk meminimalisasi risiko.

"Di masing-masing kecamatan supaya mempersiapkan diri manakala terjadi bencana, dan kita turun bersama," kata Aah.

"Awal tahun ini ada lima kejadian, dari lima kejadian ada satu korban meninggal, seorang pengendara motor di Malangbong," kata dia.

Ia menyampaikan selama awal tahun 2024, dilaporkan sudah ada lima kali kejadian bencana alam seperti tanah longsor yang menimbun jalan raya maupun jalan desa, seperti di Kecamatan Banjarwangi dan Talegong.

elain kejadian longsor, kata dia, ada pohon tumbang yang terjadi di Kecamatan Karangtengah, kemudian di Kecamatan Malangbong, yang menyebabkan seorang pengendara sepeda motor meninggal dunia karena tertimpa pohon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com