Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fotografer Keroyok Pengunjung di Kawasan Asia Afrika, Bandung, Apa Pemicunya?

Kompas.com - 19/01/2024, 12:35 WIB
Faqih Rohman Syafei,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Seorang pengunjung menjadi korban pengeroyokan oleh sejumlah fotografer jalanan di kawasan wisata Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat pada Selasa (16/1/2024).

Video aksi pengeroyokan ini sempat tersebar di sejumlah akun media sosial Instagram.

Dalam rekaman video tersebut terlihat beberapa fotografer jalanan memukuli dan menendang seseorang yang telah tersungkur.

Kepala Polsek Sumur Bandung, Kompol Siswo Tarigan mengatakan, kejadian pengeroyokan tersebut terjadi karena adanya kesalahpahaman antara kedua belah pihak.

"Jadi diawali salah satu fotografer jalanan mengambil foto seorang pengunjung tanpa izin. Pengunjung tersebut keberatan dan terjadi cekcok," ujar dia saat dihubungi, Jumat (19/1/2024).

Kemudian, pengunjung tersebut mencekik fotografer tersebut, sambil mendorongnya ke tembok.

Tak terima rekannya dicekik, lalu fotografer lainnya mengeroyok pengunjung tersebut hingga tersungkur.

"Teman fotografer jalanan yang lain melihat terus membantu rekannya itu sampai terjadi pengeroyokan terhadap pengunjung itu," tambah Siswo.

"Kalau pengunjungnya ada satu, sedangkan fotografer jalanan yang ngeroyok kalau dilihat dari CCTV sekitar tiga orang," kata dia.

Siswo menyebut, korban dan pelaku pengeroyokan sempat diamankan ke Polsek Sumur Bandung. Kedua belah pihak pun bersepakat untuk berdamai dan tidak melanjutkan lagi kasus ini.

"Kami lakukan penyelidikan, pengunjung dan fotografer jalanan itu sempat kami amankan juga. Para pihak juga menyadari kesalahannya dan sepakat damai," ujarnya.

Dia mengimbau, kepada pengunjung yang merasa terganggu dengan kehadiran fotografer jalanan, pengamen atau pihak lainnya untuk segera melapor ke petugas setempat yang berjaga.

"Kepada masyarakat jika memang ada tindakan kriminalitas bisa segera lapor. Kami akan kolaborasi dengan stakeholder terkait untuk menjaga keamanan dan kenyamana di Jalan Asia Afrika," ucap Siswo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com