Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Cak Imin Klaim Seratusan Pondok Pesantren di Jabar Dukung Pasangan Amin...

Kompas.com - 08/02/2024, 21:10 WIB
Agie Permadi,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar mengeklaim sebanyak seratusan pondok pesantren (ponpes) di wilayah Jawa Barat memberi dukungan kepada pasangan Amin (Anies-Muhaimin).

Hal itu diungkapkannya usai menghadiri acara Silaturahmi Amin Bersama Majelis Taklim se-Bandung Raya di Ponpes Assalaam Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (8/2/2024). 

"Hari ini Habib Syarif Muhammad memberikan kejutan kepada saya, 140-an pondok pesantren dan berbagai tokoh ulama sekaligus hadir juga pimpinan muslimat wilayah Jawa Barat memberikan dukungan dan doa," kata pria yang akrab disapa Cak Imin. 

Baca juga: Cak Imin: Jawa Barat Jadi Pusat Kemenangan Amin di Indonesia

Dengan adanya dukungan tersebut, pihaknya optimistis dapat memperkuat kemenangan capres dan cawapres nomor urut 1 di wilayah Jawa Barat.

"InsyaAllah ini semakin memperkuat kemenangan Amin di jawa barat," katanya. 

Menurut Cak Imin, para pendukungnya tersebut telah bergerak secara mandiri tanpa meminta imbalan.

Hal ini dinilainya sebagai amanat besar bagi pasangan Amin, agar perubahan terwujud dalam pemerintahan yang akan datang apabila dirinya dan Anies Baswedan terpilih dalam Pilpres 2024. 

"Tentu amanat besar yang dibutuhkan kepada kita adalah bagaimana agar perubahan itu terwujud dalam pemerintahan yang akan datang," katanya lagi.

Baca juga: Timses Anies-Muhaimin Klaim Temukan 502.000 Daftar Pemilih Fiktif di Jateng

Dipastikan mengukung pasangan Amin

Dalam kesempatan yang sama, pimpinan Pesantren Assalam Bandung Habib Syarief Muhammad Al'Aydrus mengatakan, antusiasme warga kota Bandung dinilainya cukup tinggi dalam memberi dukungan terhadap pasangan Amin.

Hal tersebut terlihat dari banyaknya peserta yang hadir dalam acara Silaturahmi Amin Bersama Majelis Taklim se-Bandung Raya. 

"Ada arus balik di luar dugaan kami, dari 169 pondok pesantren di Bandung Raya, hampir 144 dan para fungsionaris banyak yag memberanikan datang dengan risiko saya kurang tahu persis apakah itu dinonaktifkan atau dipecat atau sebagaiya," ucapnya. 

Meski begitu, Syarief menegaskan bahwa 144 pondok pesantren dan fungsionaris tersebut dipastikan mendukung pasangan Amin.

"Iya (pasti mendukung Amin)," pungkasnya.

Baca juga: Kampanye di Cianjur, Anies Tegaskan Pentingnya Perubahan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com