Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Rumah di Karawang Rusak akibat Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Kompas.com - 14/03/2024, 20:56 WIB
Farida Farhan,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com-Sejumlah rumah roboh, satu sekolah dasar rusak, serta rumah dan sawah terendam banjir di Karawang, Jawa Barat, karena hujan deras disertai angin kencang pada Kamis (14/3/2024).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Karawang Mahpudin mengatakan, sejumlah bencana terjadi karena hujan deras hingga angin kencang yang hampir merata melanda wilayah Karawang.

"Ada rumah roboh, sekolah rusak, hingga banjir yang merendam wilayah Medankarya Kecamatan Tirtajaya karena hujan deras disertai angin kencang," kata Mahpudin di Kantor BPBD Karawang, Kamis (14/4/2024).

Baca juga: Padam dalam 4 Jam, Pemicu Kebakaran Toko di Karawang Belum Jelas

Mahpudin memperinci, hujan deras disertai angin kencang menyebabkan 3 rumah rusak berat, 5 rusak sedang, dan 15 rusak ringan, serta satu sekolah dasar rusak di Desa Sukasari Kecamatan Cibuaya. Akibatnya 70 warga dari 24 keluarga terdampak.

"Kerugian ditaksir mencapai Rp 70 juta," kata Mahpudin.

Kemudian di Desa Sukamulya Kecamatan Cilamaya Kulon hujan deras disertai angin kencang membuat satu rumah warga rusak. Akibatnya empat warga dari satu keluarga terdampak dengan kerugian sekitar Rp 20 juta.

Lalu di Desa Payungsari Kecamatan Pedes tiga rumah warga rusak berat. Sebanyak sembilan warga dari tiga keluarga mengungsi. Kerugian ditaksir mencapai Rp 100 juta.

"Banjir juga terjadi di Desa Medankarya Kecamatan Tirtajaya. Sebanyak 15 KK dengan 59 jiwa terdampak. Banjir tersebut merendam 13 rumah dan 60 hektar sawah," kata Mahpudin.

Baca juga: Bupati Karawang Keluarkan 10 Larangan Selama Ramadhan

Selain itu, kata Mahpudin, hujan deras disertai angin kencang membuat sejumlah rumah di empat desa roboh.

Di Desa Muarabaru Kecamatan Cilamaya Wetan misalnya, satu rumah rusak dan empat warga terdampak. Kerugian diperkurakan sekitar Rp 20 juta.

Lalu di Desa Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan satu rumah warga robojlh dengan kerusakan berat. Kerugian sekitar Rp 10 juta. Akibatnya 5 warga dari satu keluarga rusak berat.

Juga di Desa Sukamulya Kecamatan Cilamaya Kulon, dua rumah warga roboh. Akibatnya lima warga dari dua keluarga terdampak. Adapun kerugian ditaksir sekitar Rp 30 juta.

"Lalu di Desa Linggarsari Kecamatan Telagasari satu rumah juga roboh. Kerugiannya ditaksir Rp 20 juta," ujarnya.

Pihaknya, kata Mahpudin, terus melakukan assesment untuk tindak lanjut penanganan maupun bantuan logistik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com