Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korlantas Mabes Polri dan Tol Cipali Operasikan Command Center Km 188

Kompas.com - 02/04/2024, 07:51 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com - Korlantas Mabes Polri bersama Astra Tol Cipali meresmikan kantor command center di gerbang Km 188 Tol Cipali pada Senin (1/4/2024) petang.

Command center menjadi pusat pemantauan arus lalu lintas kendaraan para pemudik di sepanjang Tol Cikampek, Cipali, Cisumdawu, hingga Kalikangkung.

Petugas akan mengawasi pergerakan kendaraan dengan menggunakan 400 kamera pemantau dengan jarak bentang satu CCTV sekitar 500 meter.

Dalam peresmian ini hadir Brigjen Pol Raden Slamet Santoso, Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri, dan Presiden Direktur Astra Tol Cipali, Billy Perkasa Kadar.

Di ruang kendali terdapat sembilan layar untuk kondisi di ruas Tol Cikampek, Cipali, Cisumdawu, hingga ruas tol Jasa Marga. Terdapat juga dashboard informasi Remote Traffic Microwave Sensor (RTMS), serta monitoring lalu lintas per jam (MLPJ).

Baca juga: Alami Masalah di Jalan saat Mudik? Hubungi Command Center Bina Marga

Ruang ini juga dilengkapi meja operator radio Polda Jabar yang berfungsi sebagai alat utama komunikasi petugas di kawasan command center dengan petugas lapangan.

Slamet menyebutkan, 400 CCTV dipasang pada setiap jarak 500 meter. CCTV ini akan memantau pergerakan kendaraan dari Tol Cikampek, Cipali, Cisumdawu, hingga Kalikangkung pada arus mudik dan balik nanti.

Keberadaan command center Km 188 Tol Cipali ini melengkapi command center Km 29 tol Jakarta-Cikampek yang telah diresmikan tahun 2022 lalu.

Dengan integrasi ini, pemantauan kendaraan arus lalu lintas pemudik kian mudah dan mempercepat pelayanan terhadap para pengguna tol.

Billy Perkasa menyampaikan, peresmian command center Km 188 merupakan tindak lanjut hasil evaluasi atas pelaksanaan arus mudik dan balik tahun 2023.

Billy menyebutkan, peresmian ini juga wujud kolaborasi dan koordinasi antarinstansi terkait untuk meningkatkan pelaksanaan arus mudik dan balik yang nyaman dan aman bagi pengguna jalan.

Terlebih, berdasarkan prediksi Kementerian Perhubungan terdapat sekitar 2,1 juta pemudik bakal melintas di tol sepanjang 116,7 kilometer pada H-10 hingga H+10 Idul Fitri 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com