Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 7 Puskesmas di Kota Bandung Buka 24 Jam Selama Idul Fitri

Kompas.com - 02/04/2024, 15:55 WIB
Putra Prima Perdana,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyiagakan 7 puskesmas selama perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah.

7 Puskesmas ini beroperasi 24 jam untuk memastikan layanan kesehatan tetap tersedia bagi masyarakat yang membutuhkan saat libur panjang. 

“Selama Idul Fitri ada 7 puskesmas yang buka 24 jam yaitu Puskesmas Garuda, Puskesmas Puter, Puskesmas Pagarsih, Puskesmas Kopo, Puskesmas Padasuka, Puskesmas Ibrahim Adjie, dan Puskesmas Cipamokoloan,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Anhar Hadian dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (2/4/2024).

Baca juga: Dishub Kota Yogyakarta Pastikan Tidak Ada Kenaikan Tarif Parkir Selama Lebaran

Selain itu, untuk mengantisipasi arus mudik dan arus balik lebaran 2024, Pemerintah Kota Bandung telah menetapkan sejumlah pos kesehatan di beberapa lokasi strategis.

Yakni Pos Kesehatan Terminal Leuwipanjang (Dinas Kesehatan), Pos Kesehatan Terminal Cicaheum (Dinas Kesehatan), Pos Kesehatan Terminal Ledeng (Palang Merah Indonesia).

Kemudian ada Pos Kesehatan Taman Dago Cikapayang (Palang Merah Indonesia), Pos Kesehatan Rest Area KM 147 (PMI Kota Bandung/Himpunan Perawat gawat Darurat dan Bencana Indonesia), Pos Kesehatan Merdeka Alun-alun (Persatuan Perawat Nasional Indonesia Kota Bandung).

Baca juga: Jelang Lebaran, Bazar Murah Dibuka untuk Masyarakat di Perbatasan RI-Malaysia

Kemudian Pos Kesehatan Stasiun Bandung (PT Kereta Api Indonesia), Pos Kesehatan Stasiun Kiaracondong (PT Kereta Api Indonesia), dan Pos Kesehatan PSC 119 (Public Safety Centre 119).

Anhar menjelaskan, selama periode ini, 450 tenaga kesehatan akan bertugas di pos kesehatan dan puskesmas yang disediakan.

“Jumlah ini mencakup 150 dokter, 150 perawat, dan 150 pengemudi ambulans,” jelasnya.

Informasi tambahan untuk layanan Public Saftey Centre (PSC) 119 bisa dihubungi di nomor telepon 119 dan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) bisa dihubungi di nomer telepon 08112442119.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com