Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenazah Balita Korban Longsor Bandung Barat Ditemukan 15 Kilometer dari Rumahnya

Kompas.com - 02/04/2024, 22:16 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Sebanyak 8 dari 10 korban yang hilang tertimbun longsor di Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat,  ditemukan. 

Salah satunya Aji, laki-laki usia 2 tahun. Jenazah Balita ini ditemukan di aliran Sungai Citarum dengan perkiraan jarak sejauh 15 kilometer dari titik longsor.

Aji diduga tergerus material longsor dan terbawa hanyut arus deras banjir bandang yang saat itu terjadi bersamaan dengan longsor.

"Jenazah cocok dengan data dan teridentifikasi sebagai Aji, laki-laki usia 2 tahun alamat Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor. Jenazah Aji terindentifikasi berdasarkan pemeriksaan oleh lab DNA Pusdokkes mabes Polri," ujar Kepala Biddokes Polda Jabar, Nariyana melalui keterangan resminya, Selasa (2/4/2204).

Baca juga: 9 Rumah Rusak Diterjang Pergerakan Tanah di Bandung Barat

Dengan penemuan ini, polisi melalui tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Jabar berhasil mengidentifikasi 8 korban yang ditemukan Tim SAR gabungan selama 7 hari operasi SAR berlangsung.

"Hari ini, Selasa tanggal 2 April 2024 di RSUD Cililin, Bandung Barat, giat DVI bencana tanah longsor dan banjir bandang, sudah menerima sebanyak 8 kantung jenazah dan sudah teridentifikasi semua," ungkap Nariyana.

 

Baca juga: 7 Korban Longsor Bandung Barat Ditemukan, Tim SAR Fokus Cari 3 Korban Lainnya

Tujuh dari delapan jenazah korban itu ditemukan di area longsor di Kampung Gintung. Mereka berhasil ditemukan dengan metode penyemprotan air ke tiga titik worksite yang sebelumnya dipetakan tim SAR gabungan.

Sementara 7 orang korban yang terungkap sebelumnya berhasil teridentifikasi melalui catatan medis dan dicocokkan dengan properti yang mereka pakai sesaat sebelum kejadian.

5 korban atas nama Nurlatifah (8), Sulastri (20), Diki Saputra (4), Aam (50), Dadi (58), dan Nurul Khofifah alias Syifa (8) teridentifikasi melalui catatan medis dan properti yang mereka kenakan.

Sementara korban atas nama Nabila (5) terindentifikasi berdasarkan catatan medis gigi dan properti, serta Eras (50) terindentifikasi berdasarkan sidik jari, catatan medis, dan properti.

Atas terungkapnya identitas 8 orang korban longsor yang ditemukan itu, maka tersisa dua orang atas nama encep (69) dan Opin (45) yang saat ini masih belum ditemukan.

"Dengan demikian tim DVI telah menerima laporan orang hilang sebanyak 10 orang, menerima 8 kantung jenazah, mengidentifikasi sebanyak 8 orang, sehingga orang hilang yang belum ditemukan sebanyak 2 orang," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com