Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100 Kilometer Jalan Alternatif Arus Mudik di Jawa Barat Dibenahi

Kompas.com - 04/04/2024, 06:24 WIB
Putra Prima Perdana,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS. com - Sebanyak 297 ruas jalan di Jawa Barat akan digunakan sebagai jalur alternatif mudik lebaran 2024. Lalu, 119 ruas jalan di antaranya merupakan kewenangan Pemprov Jawa Barat.

"Posisi saat ini kondisi jalan sudah cukup laik dan layak untuk digunakan," kata Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono, saat ditemui di Terminal Cicaheum, Bandung, Rabu (3/4/2024) kemarin.

Meski kondisi jalan alternatif arus mudik tersebut dinyatakan cukup baik, Bambang tidak menampik jika ada sejumlah titik yang perlu diperbaiki.

Baca juga: Antisipasi Banjir, Polri Siapkan Jalur Alternatif untuk Mudik Lebaran 2024

"Ada beberapa tempat masih proses penanganan, ada retakan lubang saya perintahkan untuk diperbaiki sampai H-1," tutur dia.

Bambang memastikan perbaikan jalan alternatif mudik lebaran tersebut tidak akan menghambat arus mudik lebaran.

"Karena ini bukan paket pekerjaan yang berpotensi mengakibatkan terjadinya kemacetan, jadi dimungkinkan (diperbaiki)," ungkap Bambang.

Ada pun sejumlah titik ruas jalan di Jawa Barat yang perbaikannya terbilang dominan ada di ruas jalan Transyogi, Cileungsi, Ciranjang, hingga Cianjur arah Sukanegara.

"Ada di beberapa ruas jalan di Jabar Selatan seperti Cikadu, ada juga di Karawang, ini yang sedang masif kita lakukan perbaikan," kata dia.

"Total panjang jalan provinsi Jawa Barat itu 2.368 kilometer, yang diperbaiki spot-spot-nya kita sambungkan sekitar 100 kilometer," tandas dia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com