Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik via Cianjur Diminta Waspada, Ada "Black Spot" di Jalur Puncak

Kompas.com - 06/04/2024, 08:04 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Reni Susanti

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com - Sejumlah titik di ruas jalan raya Puncak Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, rawan kecelakaan. Pemudik diimbau berhati-hati saat berkendaraan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cianjur AKP Anjar Maulana menyebutkan, terdapat black spot di jalur Puncak yang patut diwaspadai pengguna jalan.

"Titiknya yang mengarah ke Puncak Pass, di situ ada tikungan tajam dan minim penerangan," ujar Anjar kepada Kompas.com di Cianjur, Jumat (5/4/2024) malam.

Baca juga: Arus Mudik Pagi di Pelabuhan Bakauheni Didominasi Bus Lintas Sumatera

Selain black spot, Anjar mengingatkan, ada kondisi jalan yang blind spot sehingga pemudik diminta mengantisipasinya dengan pembatasan kecepatan kendaraan.

"Seperti yang dekat situ (Ciloto) ada turunan tajam dan berkelok.  Harus sadar dan kondisi kendaraan tentunya juga harus prima," ujar dia.

Untuk itu, jajarannya menempatkan personel di titik-titik rawan kecelakaan serta menyiagakan mobil derek di area jalur guna mengantisipasi hal yang tidak diharapkan.

Baca juga: Arus Mudik Pagi di Pelabuhan Bakauheni Didominasi Bus Lintas Sumatera

"Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas, kita senantiasa koordinasikan dengan pihak Polres Bogor. Apabila terjadi lonjakan maka bisa dilakukan CB pengalihan arus kendaraan," ucapnya.

Terkait pemenuhan prasarana jalan umum menghadapi momentum arus mudik dan balik lebaran, Anjar telah mengomunikasikannya dengan instansi yang berwenang.

"Beberapa sudah ditindaklanjuti, seperti penambalan lubang jalan di jalur Puncak oleh pihak BBPJN pusat selaku penanggung jawab jalan nasional," ujar Anjar.

Sebelumnya, sebanyak 1.200 petugas gabungan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, disiagakan menghadapi arus mudik Idul Fitri 1445 H.

Personel dari unsur Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan satuan lainnya termasuk petugas medis disebar di sejumlah pos pengamanan dan pelayanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com