Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-4 Lebaran, Kondisi Lalin GT Pasteur Lancar, Kenaikan Tak Signifikan

Kompas.com - 06/04/2024, 09:35 WIB
Faqih Rohman Syafei,
Reni Susanti

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com - Arus lalu lintas di gerbang exit Tol Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat pada H-4 Idul Fitri 1445 Hijriah masih normal, Sabtu (6/4/2024).

Berdasarkan pantauan Kompas.com sekitar pukul 08.00 WIB, tidak terlihat antrean di gardu keluar Tol Pasteur. Kendaraan masih berjalan normal dan belum terlihat ada peningkatan yang signifikan.

Kendaraan yang keluar dari Tol Pasteur menuju pusat Kota Bandung masih didominasi oleh plat nomor kendaraan D. Namun beberapa kendaraan pribadi plat B, F, dan E terlihat menuju Ibu Kota Jawa Barat ini.

Baca juga: Arus Mudik Pagi di Pelabuhan Bakauheni Didominasi Bus Lintas Sumatera

Selain kendaraan pribadi, ada juga beberapa transportasi umum semisal bus DAMRI, bus pariwisata, travel, hingga truk keluar dari gardu Tol Pasteur.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, di gerbang Tol Pasteur ini dioperasikan sebanyak 11 gardu untuk melayani para pengguna jalan.

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Panji Satria mengatakan, untuk peningkatan jumlah kendaraan yang masuk Kota Bandung mengalami peningkatan sejak Jumat (5/4/2024).

Baca juga: Cerita Perjalanan Mudik Darsi ke Lampung, Bawa Baju Baru demi Senyum Anak

"Volume lalu lintas transaksi yang menuju Kota Bandung tercatat sebanyak 36.606 kendaraan atau meningkat 3 persen dari lalu lintas harian normal yaitu sebanyak 37.758 kendaraan," ujarnya saat dihubungi, Sabtu (6/4/2024).

Selain itu, untuk jumlah kendaraan yang meninggalkan Kota Bandung lebih rendah dibanding kendaraan yang masuk.

"Volume lalu lintas transaksi di GT Pasteur yang meninggalkan kota Bandung tercatat sebanyak 30.403 kendaraan atau lebih rendah 0,9 persen dibanding volume lalu lintas transaksi normal yaitu 30.708 kendaraan," kata Panji.

Sementara itu, volume kendaraan yang keluar dari gerbang Tol Cileunyi meningkat signifikan pada Jumat malam.

"Tercatat peningkatan volume lalu lintas transaksi sebanyak 36.124 kendaraan menuju arah timur atau wilayah Rancaekek, Garut, Sumedang, dan sekitarnya melalui gerbang Tol Cileunyi," beber dia.

"Volume lalu lintas transaksi di gerbang tol tersebut meningkat 22,94 persen dari lalu lintas harian normal yaitu sebanyak 29.383 kendaraan," tambah dia.

Dia menambahkan, untuk lalu lintas dari arah Rancaekek, Garut, Sumedang, menuju Jakarta dan Bandung melalui gerbang Tol Cileunyi tercatat sebanyak 31.814, meningkat 11,57 persen dibandinglan lalu lintas normal sebanyak 28.516 kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com