Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Pemudik Sahur di Bahu Jalan karena Tak Bisa Masuk "Rest Area" Cipali

Kompas.com - 06/04/2024, 13:52 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Reni Susanti

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com - Mobil Elf yang ditumpangi Rahman berhenti di sekitar Gerbang Palimanan Tol Cipali, Kabupaten Cirebon, Sabtu (6/4/2024) dini hari.

Satu per satu penumpang turun dari mobil sambil membawa nasi serta lauk pauk. Mereka duduk di aspal dan langsung santap sahur.

"Rest area-nya penuh, Mas. Mau masuk enggak bisa, jadi terpaksa di sini, sebentar," kata Rahman saat ditemui Kompas.com di lokasi pada sekitar pukul 03.30 WIB.

Baca juga: Betung-Palembang Macet 23 Km, Pemudik Menginap di Jalan

Rahman bersama keluarganya pulang kampung dari Jakarta menuju Madura. Mereka naik mobil Elf yang dapat menampung 10 sampai 15 orang penumpang.

Tak lama setelah mereka duduk dan makan, Tim Patroli Satlantas Polresta Cirebon langsung mendatangi Rahman sekeluarga. Polisi mengimbau para pemudik untuk segera melanjutkan perjalanan karena sangat membahayakan berhenti di bahu jalan.

Petugas menyebutkan, pemudik dapat memanfaatkan rest area berikutnya agar dapat beristirahat dengan tenang dan tidak membahayakan diri sendiri dan juga pemudik lainnya.

Baca juga: Astra Tol Cipali Mulai Berlakukan Contraflow Km 162-169

Hal yang sama dilakukan Suparjo, pemudik dari Kalideres Jakarta menuju Slawi, Jawa Tengah, ini menyebut terpaksa berhenti di gerbang Palimanan Km 188 karena tak kuat menahan buang air kecil.

Dia menahan keinginan buang urine tersebut sejak di tol karena tidak menemukan rest area yang tidak dapat didatangi.

"Delapan orang, Mas. Saya, istri, anak, dan saudara-saudara istri. Tadi ke rest area sebelum ini, penuh, ditutup petugas, jadi kita berhenti di sini," ucap Suparjo.

Sebagai sopir, ia pun merasa mengantuk dan lelah setelah terjebak kemacetan di Tol Cikampek hingga masuk Tol Cipali. Suparjo mengaku butuh istirahat meski hanya sebentar.

Pantauan Kompas.com di lokasi, tampak antrean kendaraan pemudik berbaris panjang di bahu jalan Kilometer 188. Antrean didominasi kendaraan pribadi, bus yang mengangkut para pemudik dalam jumlah banyak.

Mereka tampak mematikan mesin kendaraan masing-masing dan juga keluar sejenak. Bahkan, sebagian dari mereka ada yang menyempatkan makan sahur seperti Rahman sekeluarga.

Di saat bersamaan, arus pemudik dari arah Tol Cikampek menuju arah Jawa Tengah terus mengalami kepadatan. Korlantas Mabes Polri telah melakukan rekayasa arus berupa sistem satu arah pada pukul 22.00 WIB untuk memprioritaskan kendaraan pemudik yang terus meningkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com