Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Pemudik Motor Terjebak Macet, Bekasi-Indramayu Ditempuh 14 Jam

Kompas.com - 06/04/2024, 17:36 WIB
Reza Kurnia Darmawan

Editor

KOMPAS.com - Pemudik motor mulai terlihat memenuhi jalur pantura pada Sabtu (6/4/2024).

Salah satu pemudik motor, Edwin (30), mengatakan, arus lalu lintas mudik 2024 mulai padat.

Dikutip dari Tribun Jabar, Edwin harus rela terjebak macet demi berlebaran di tempat tujuan di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng).

"Berangkat dari Bekasi pukul 22.00 WIB, kena macet di Karawang, lumayan panjang juga sih," ujarnya saat melintas di simpang empat Pemuda, Kota Cirebon, Jawa Barat (Jabar), Sabtu sekitar pukul 11.42 WIB.

Menurut Edwin, biasanya dalam kondisi normal menggunakan sepeda motor, Bekasi ke Purbalingga bisa ditempuh selama kurang lebih tujuh jam.

Namun, di masa mudik ini, Edwin telah menghabiskan waktu 14 jam di jalan, dan itu pun baru sampai di Kabupaten Indramayu, Jabar.

Baca juga: Horornya Kemacetan di Betung Banyuasin, Lalu Lintas Terkunci sejak Jumat

Berdasarkan data Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon, hingga Sabtu pukul 11.00 WIB, tercatat sejumlah 19.537 kendaraan melewati jalur arteri Cirebon dari arah Jakarta menuju Jateng.

Jumlah tersebut tercatat sejak Sabtu pukul 08.00 WIB.

"Didominasi oleh kendaraan roda dua, yaitu sekitar jumlahnya 17 ribu, dan kendaraan pribadi sekitar dua ribuan," ucap Agung, petugas Dishub Kota Cirebon di Pos Gua Sunyaragi, Sabtu.

Baca juga: Cerita Horor Pemudik Terjebak Macet 14 Jam di Jalan ke Pelabuhan Merak


Ia menuturkan, hingga Sabtu siang, kondisi arus lalu lintas di jalur arteri Kota Cirebon masih ramai lancar meski terdapat peningkatan jumlah kendaraan.

"Kondisi arus lalu lintas masih ramai lancar, kecepatan antara 40 kilometer per jam sampai 50 kilometer per jam. Masih tergolong ramai lancar," ungkapnya.

Agung menduga, peningkatan jumlah kendaraan di jalur arteri pantura ini merupakan imbas dari penerapan sistem one way di ruas Km 72 Tol Cipali hingga Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung.

"Sesuai prediksi, keramaian kendaraan memang terjadi pada hari ini sampai besok," tuturnya.

Baca juga: Leganya Pemudik Tiba di Lampung Setelah Terjebak Macet Panjang di Merak

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Bak Semut, Pemudik Sepeda Motor Penuhi Jalur Pantura Cirebon, Bekasi-Cirebon Ditempuh 14 Jam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com