Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Tangki Terguling Timpa Pemotor di Jalur Mudik, 3 Orang Tewas

Kompas.com - 07/04/2024, 04:05 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Truk tangki pengangkut minyak sawit terguling di Jalan Raya Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat pada Minggu (7/4/2024) dini hari.

Tangki minyak sawit dengan nomor polisi D 9568 AD terguling dan menghantam pemudik yang menunggangi Honda Beat putih bernomor polisi D 4472 ADL.

"Kejadian kecelakaan ini bermula dari truk tangki fuso yang mengangkut minyak sawit melaju dari arah Padalarang menuju Cianjur. Setibanya di jalan yang sedikit menurun, rem truk tidak berfungsi," ujar Kasatlantas Polres Cimahi AKP Adhi Prasidya Danawiswara saat ditemui di lokasi kejadian.

Baca juga: Jalan Lintas Timur Sumatera Macet Parah, Polisi Terapkan Buka Tutup

Sesampainya di lokasi kejadian, truk tangki itu tiba-tiba oleng ke arah kiri, kemudian menghantam benda keras sehingga tangki tersebut terguling dengan posisi bagian bawah menghadap langit.

"Truk itu melaju dan menabrak sepeda motor yang berada di depannya sehingga mengakibatkan tiga orang korban meninggal dunia," kata Adhi.

Ketiga korban meninggal dunia yakni seorang pria dewasa, seorang perempuan dewasa, dan satu orang anak. Mereka diduga satu keluarga yang tengah melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor dari arah Bandung ke Cianjur.

"Kita masih kumpulkan identitas korban. Belum bisa disimpulkan apakah mereka ini pemudik atau bukan," sebutnya.

Lebih jauh, polisi masih melakukan pendalaman terkait penyebab kecelakaan tersebut. Polisi masih mengumpulkan keterangan untuk mengungkap penyebab pasti kecelakaan dan mengumpulkan data-data baik identitas korban maupun keterangan dari para saksi dan pengendara tangki.

"Penyebab kecelakaan kita masih dalami, saat ini petugas masih melakukan penyelidikan. Namun analisa sementara, fungsi rem truk tangki tidak berfungsi," tuturnya.

Baca juga: Saat Polisi Amankan Arus Mudik, Geng Motor Malah Merusuh di Tasikmalaya

Sementara itu, Bepi (26) saksi di lokasi kejadian mengatakan, ketiga korban tidak ada yang selamat. Mereka mengalami luka parah di bagian kepala usai dihantam tangki.

"Jadi korban yang pakai sepeda motor itu terseret truk setelah terguling. Korban semuanya sudah dibawa ke RS Cahya Kawaluyaan Kota Baru Parahyangan," kata Bepi.

Sementara korban lainnya yakni seorang kenek tangki juga dilarikan ke rumah sakit yang sama lantaran mengalami luka setelah tangki yang ia tumpangi terguling.

"Kalau sopir langsung diamankan polisi sesaat setelah kejadian," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com