Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Mudik di Puncak Bogor, Didominasi Pemudik Motor dan Antisipasi Kemacetan

Kompas.com - 08/04/2024, 06:04 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Arus mudik di wilayah Punca Bogor, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, didominasi pemudik bermotor. 

Dari catatan Satuan Lalu Lintas Polres Bogor mencatat jumlah kendaraan yang melintas di Jalur Puncak Kabupaten Bogor selama periode Kamis 4 April sampai dengan Minggu 7 April sebanyak 168.471 kendaraan.

"Kendaraan yang melintas didominasi oleh kendaraan roda dua," ujar Kasatlantas Polres Bogor AKP Rizky Guntama, dilansir dari Antara, Minggu (7/4/2024).

Baca juga: Jalur Puncak Bogor Masih Lancar, Pemudik Lokal Diprediksi Melintas Malam Hari

Sementara itu, Polres Bogor mengantsipasi munculnya kemacetan dengan menyiapkan personel utuk pengaturan lalu lintas dan melakukan rekayasa lalu lintas berupa pembatas kendaraan ganjil genap. 

Lalu juga melakukan rekayasa lalu lintas one way di jalur puncak, serta akan melakukan kontra flow dari exit tol Ciawi hingga KM 45 berdasarkan kondisi situasional di lapangan.

Baca juga: Catat, Rekayasa Lalin Puncak Bogor Selama Mudik Lebaran 2024

Seperti diketahui, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, sebanyak 28,4 juta orang diproyeksikan meninggalkan kawasan Jabodetabek.

Dari angka tersebut sebesar 14,6 persen atau 28,4 juta orang penduduk Jabodetabek akan melakukan perjalanan di masa mudik Lebaran 2024.

Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat kecenderungan peningkatan minat masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran di 2024 dan jika dibandingkan 2023 sebesar 45,8 persen atau 123 juta orang.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com