Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lonjakan Kendaraan di Tol Pasteur Bakal Terjadi H 1 dan H 2 Lebaran

Kompas.com - 08/04/2024, 15:13 WIB
Faqih Rohman Syafei,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com - Jasa Marga memprediksi lonjakan pemudik yang menuju ke Kota Bandung, Jawa Barat terjadi pada H1 dan H2 Idul Fitri 1445 Hijriah.

Senior Manager Representative Office 3 PT Jasa Marga, Agni Mayvina mengatakan, hingga dua hari jelang Lebaran 2024, arus lalu lintas di exit Tol Pasteur, Kota Bandung masih ramai lancar, dan belum ada lonjakan.

"Memang untuk Pasteur belum mengalami kenaikan volume lalin yang signifikan," ujar dia saat ditemui di kantornya, Senin (8/4/2024).

Dia memprediksi, lonjakan pemudik yang berasal dari aglomerasi Bandung Raya dan sekitarnya akan terjadi pada Hari Raya Idul Fitri dan sesudahnya.

"Memang untuk gerbang Tol Pasteur, Cipularang, dan Padaleunyi itu kami prediksi mengalami puncak arus mudik di periode mudik dan balik 2024 ini pada H1 dan H2 Lebaran nanti," kata Agni.

Hingga dua hari menjelang Lebaran, volume kendaraan yang keluar dari exit Tol Pasteur tidak jauh berbeda dengan hari biasanya. Bahkan, masih didominasi kendaraan berpelat D, meski sudah terlihat kendaraan berplat B, F, dan E, serta lainnya.

Namun, kondisi berbeda terjadi di Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung yang sudah mulai mengalami peningkatan kendaraan yang keluar sejak Sabtu (7/4/2024) lalu.

Baca juga: H-2 Lebaran, Arus Lalu Lintas di Tol Pasteur Lancar Belum Ada Lonjakan

"Khusus Cileunyi memang terpantau dari hari H-4 sudah ada lonjakan lalin kemarin juga ada dari pagi dan malam hari."

"Jadi memang ada untuk karakteristik lalin padat di pagi hari juga malam hari di atas jam delapan, setelah sahur dan puasa," kata Agni.

Agni menyebut, peningkatan volume kendaraan di Tol Cileunyi mencapai 54 persen dibandingkan hari biasanya. Namun, diprediksi peningkatan juga masih akan tetap terjadi hingga setelah lebaran.

"Kemudian untuk Cileunyi memang kita perkirakan tadi Cipularang dan Padaleunyi meningkat pada H1 dan H2 Lebaran itu lalin silaturahmi atau setelahnya orang akan melakukan liburan setelah shalat ied," ungkap dia.

Di samping itu, demi mengatasi lonjakan pada arus mudik dan balik lebaran, Jasa Marga telah menyiapkan sejumlah antisipasi mulai dari rekayasa lalu lintas dan lainnya.

Baca juga: H-5 Lebaran, Arus Lalu Lintas di Tol Pasteur Masih Normal

"Kami dalam persiapan arus mudik dan balik memang melakukan beberapa rekayasa lalulintas seperti nanti untuk arus balik akan dilakukan contraflow dari KM129.600 sampai 124.900," kata dia.

"Namun itu situasional sesuai diskresi kepolisian, karena memang kalau dua arah padat nanti macet dua-duanya. Itu arus balik," tambah Agni.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com