Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Lebaran Mulai Padati Jalur Puncak

Kompas.com - 12/04/2024, 13:22 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi


CIANJUR, KOMPAS.com - Memasuki H+2 Hari Raya Idul Fitri 1445 H, arus kendaraan di sepanjang jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, mulai menunjukkan peningkatan.

Lonjakan volume kendaraan ini, selain karena arus balik atau pemudik yang kembali pulang lebih awal ke wilayah Jabodetabek, juga karena ada aktivitas wisata.

Kepala Polres Cianjur AKBP Aszhari Kurniawan mengatakan, tak hanya di jalur Puncak, di sepanjang jalur arteri menuju Bandung juga terpantau mulai dipadati kendaraan.

"Namun, belum begitu mencolok. Kami prediksi pekan ini atau besok hingga Minggu puncaknya," kata Aszhari kepada wartawan di Pos TMC Cianjur, Jumat (12/4/2024).

Baca juga: H+2 Lebaran, Jalur Puncak Bogor Macet Parah

Disebutkan, belum ada upaya rekayasa lalu lintas di jalur Puncak saat ini. Jajarannya, ungkap Aszhari, terus berkordinasi dengan Polres Bogor.

"Karena kami sifatnya mengikuti aturan main Polres Bogor apabila ada rekayasa lalu lintas. Baik itu one way, buka tutup, maupun ganjil genap," ujar dia.

"Mereka yang menentukan. Kita ikuti saja, baik yang ke arah Bogor atau sebaliknya, yang mau menuju Cianjur," sebut Aszhari.

Selain itu, sambung dia, apabila terjadi lonjakan arus kendaraan di jalur Puncak, upaya yang akan dilakukan adalah contra flow.

Juga, kanalisasi arus kendaraan angkot di titik-titik kemacetan, dalam hal ini seputaran Pasar Cipanas.

"Kemungkinan mulai besok lonjakannya, termasuk peningkatan di pengunjung wisata," ujar Aszhari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com