Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Padaleunyi Padat, Polisi Berlakukan Buka-Tutup Rest Area KM 125

Kompas.com - 14/04/2024, 18:38 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Antrean kendaraan pemudik dan wisatawan mengular di sepanjang ruas Tol Padaleunyi arah Bandung menuju Jakarta pada H+4 Idulfitri 1445 Hijriah, Minggu (14/4/2024).

Dari pantauan di KM 125, arus lalu lintas itu mengalami kepadatan dari Kota Bandung hingga Gerbang Tol Padalarang, sepanjang itu kendaraan arus balik berjalan perlahan.

Baca juga: Kawasan Pantai Anyer Padat, Polisi Terapkan Buka Tutup GT Cilegon Timur dan Barat

"Kita lihat hari ini, kendaraan memang cukup padat tapi lancar. Hari ini jadi puncak arus balik wisatawan dan pemudik," ujar Kasat Lantas Polres Cimahi, AKP Adhi Prasidya Danahiswara saat ditemui di rest area KM 125 Tol Padaleunyi.

Kendaraan arus balik ynag menumpuk di ruas tol ini berasal dari dua ruas, kendaraan yang masuk dari Gerbang Tol Pasteur dan kendaraan pemudik yang masuk melalui Gerbang Tol Cileunyi.

"Jadi (kepadatan) ini terjadi karena adanya pertemuan kendaraan dari dua ruas tol, Cileunyi dan Pasteur. Akhirnya menumpuk di ruas Tol Cipularang tepatnya KM 125 ini," papar Adhi.

Tidak sedikit kendaraan yang memilih menghindari kepadatan lalu lintas dengan masuk ke rest area KM 125.

Untuk itu polisi memberlakukan buka tutur rest area demi menghindari kepadatan antrean di KM 125.

Baca juga: Sempat Dihentikan, Contraflow Dibuka Lagi di Km 72 hingga Km 47 Tol Cikampek

"Kalau rest area penuh maka akan kita tutup, kemudian kendaraan diarahkan ke rest area selanjutnya. Termasuk juga bus, jadi penumpang bus menunggu busnya di tepi tol," sebut Adhi.

"Kita batasi juga waktu di rest areanya. Maksimal di dalam rest area hanya boleh istirahat paling lama 30 menit, sehingga bisa bergiliran," imbuh Adhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com