Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Jabar Sebut Tol Cisumdawu Masih Punya Kendala Teknis, Jalur Alternatif Lain Disiapkan

Kompas.com - 14/04/2023, 18:39 WIB
M. Elgana Mubarokah,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Tol Cisumdawu bakal beroperasi saat mudik Lebaran tahun ini. Kendati begitu masih ada beberapa hal yang masih harus diperbaiki.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Jawa Barat (Jabar) Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan masih ada beberapa kendala teknis yang saat ini tengah disiapkan dan diselesaikan oleh Kementrian PUPR.

"Memang kemarin diperkirakan jalur tol ini bisa digunakan untuk arus mudik, tetapi masih ada beberapa kendala teknis sekarang sedang dipersiapkan," katanya ditemui di Pos Terpadu Cileunyi, Jumat (14/4/2023).

Baca juga: Tol Cisumdawu Urai Arus Mudik Lebaran 2023, Gratis tapi Waspada Kabut

Baik selama proses penyelesaian, hingga nanti proses uji coba, jajaran kepolisian di daerah sudah menyiapkan alternatif jalan.

Alternatif itu, kata dia, disiapkan lantaran beberapa penggalan jalur keluar masuk tol Cisumdawu memiliki dampak kemacetan.

Selain itu, apabila saat tol Cisumdawu dibuka kemudian mengalami kemacetan baik di dalam atau di titik keluar masuk, maka arus kendaraan akan dialihkan untuk menggunakan alternatif lain.

"Tapi Kapolres di wilayah sudah menyiapkan alternatif tersebut apabila terjadi kepadatan di wilayah tersebut, artinya skema yang akan digunakan menyesuaikan kondisi, dengan harapan tidak terjadi stuck pada arus mudik masyarakat yang menggunakan arus tersebut," ujarnya.

Baca juga: Tol Cisumdawu Dibuka, Dishub Jabar: Cimalaka-Cipali Berlaku Jam Khusus

Agar mengurangi kepadatan saat arus mudik. Pihaknya meminta kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran agar mengatur jadwal keberangkatan.

Pasalnya, kata dia, puncak arus mudik akan meningkat pasa H-2 yakni hari Kamis 20 April, dan H+2 yakni Senin tanggal 24 April.

"Nah, sehingga diharapkan masyarakat mengatur arus mudiknya, tidak pada saat arus padat tersebut. Ini waktunya sudah molor waktu cuti panjang apa lagi waktu libur anak sekolah ditarik lebih maju, sehingga bisa terbagi arus lalu lintas ini," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com