Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Ribu Ekor Sapi akan Disembelih di Kabupaten Bandung

Kompas.com - 26/06/2023, 22:19 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bandung, Ningning Hendasah mengatakan, ada lebih dari 20 ribu ekor sapi menjadi hewan kurban tahun ini.

Jumlah kurban sapi jauh lebih banyak dibanding kurban kambing dan domba.

"Saat ini masyarakat cenderung memilih sapi untuk hewan kurban. Sebab mungkin harganya lebih ringan, kalau domba atau kambing hanya untuk satu orang, sedangkan sapi untuk 7 orang," katanya dikutip dari Tribun Jabar.

Baca juga: Jokowi Kurban Sapi Limosin Seberat 1,2 Ton untuk Warga Sumbar

Untuk memastikan kesehatan hewan kurban tersebut, pihaknya menurunkan puluhan petugas pemeriksaan hewan kurban.

Nining berkata, ada 10 pusat kesehatan hewan (Puskeswan) di Kabupaten Bandung. Rata-rata, di dalam satu Puskeswan terdapat empat petugas pemeriksa hewan kurban.

"Jadi sekitar 40 petugas dan ditambah petugas dari Dinas Pertanian, sekitar 10 orang," kata Ningning.

Menurut Ningning, jika dibandingkan dengan luas wilayah Kabupaten Bandung yang mencapai 31 kecamatan, sulit baginya memeriksa seluruh hewan kurban. Maka Distan merangkul relawan, yang kemudian dilatih, dan diberi pemahaman terkait hewan halal sehat.

"Dinas Pertanian juga telah melatih puluhan orang juru sembelih halal (Julaiha), yang berasal dari Majelis Ulama Indonesia, di 31 kecamatan yang di Kabupaten Bandung," kata Ningning Hendasah.

Ningning mengatakan, selain itu pihaknya juga melibatkan Rumah Potong Hewan (RPH).

"Mereka kan sudah terbiasa untuk jagalnya, dan mereka ini kan memiliki sertifikat halal," ujarnya.

Ninging mengklaim, Distan juga telah memeriksa hewan kurban di lapak jualan hewan kurban dan peternakan yang ada di Kabupaten Bandung.

Baca juga: Sejumlah Sapi Ditemukan Mati di Laut Balikpapan

"Yang telah diperiksa dan sehat lapak atau tempatnya dipasang stiker dan poster. Berisi keterangan jumlah hewan dan kondisi kesehatannya. Kemudian, hewan yang sehat ini akan dipasang ear tag," katanya.

Ningning menjelaskan, kalau di lapak dagang atau peternakan yang sakit, itu tidak akan diberi stiker, dan dilarang menjual hewan kurban tersebut.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Sapi Lebih Banyak Dipilih untuk Kurban, Di Kab Bandung Ada 20 Ribu Ekor Sapi yang Akan Disembelih

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com