Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ujian Praktik SIM C Diubah, Wadirlantas Polda Jabar: untuk Menghindari Calo

Kompas.com - 07/08/2023, 17:35 WIB
M. Elgana Mubarokah,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Seluruh Polres di bawah Polda Jabar mengubah lintasan praktik uji coba Surat Izin Mengemudi (SIM) khusus roda dua. Lintasan berbentuk angka 8 dan Zig Zag dihapus, diganti lintasan bentuk U dan S.

Wakil Direktur Lalu Lintas (Wadirlantas) Polda Jabar Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Edwin Afandi mengatakan, hal ini untuk mempermudah masyarakat membuat SIM dan menghindari praktik pungli atau calo.

"Awalnya kita tahu, ada lintasan berbentuk angka 8 dan Zig-Zag, sekarang diubah menjadi lebih mudah dengan lintasan berbentuk huruf U dan S ," katanya ditemui di Mapolresta Bandung, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (7/8/2023).

Baca juga: Ada Pembaruan Ujian Praktik SIM C, Ini Tarif Resminya di Satpas Klaten

Edwin mengungkapkan, selain lintasannya cenderung lebih mudah, ujian teori SIM pun tergolong gampang karena contoh soalnya bisa dicari di internet.

"Dengan sistem yang baru tentunya kita melihat dalam uji praktik SIM itu tidak ada lagi kesukaran. Jadi agar masyarakat pengguna jalan yang ingin mendapatkan SIM C tidak melewati calo. Kita rasa masyarakat sudah saatnya patuh dan mengutamakan keselamatan lalu lintas," ungkap dia.

Pihaknya berharap perintah Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo itu bisa membuat masyarakat lebih patuh terhadap aturan lalu lintas, terutama pembuatan SIM.

Baca juga: Ujian Praktik SIM C dengan Trek Baru di Satpas Daan Mogot, Bisa Pakai Motor Matik atau Manual

"Namun lebih realistis dan logis. Mereka mudah-mudahan dengan cepat menyesuaikan dan segera mendapatkan sim. Kita berharap dengan kondisi ini masyarakat lebih tertib, lebih patuh, dalam memperoleh SIM. Melaksanakan ujian praktek tidak dihantui dengan ketakutan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com