Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Penemuan Kasus Cacar Monyet di Bandung, Dinkes Minta Warga Tenang

Kompas.com - 31/10/2023, 20:36 WIB
Muhamad Syahrial

Editor

KOMPAS.com - Kasus cacar monyet atau Monkeypox ditemukan di Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar).

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bandung, Anhar Hadian berharap masyarakat tidak panik dengan adanya temuan tersebut.

Dia mengatakan, penularan cacar monyet tidak sekuat Covid sehingga warga diimbau tidak perlu terlalu khawatir namun tetap menjalankan gaya hidup sehat.

"Selalu cuci tangan sebelum makan dan jaga makanan. Penularan (cacar monyet) hanya (melalui) hubungan erat," kata Anhar, Selasa (31/10/2023), dikutip dari TribunJabar.id.

Anhar menegaskan, warga Bandung yang positif terinfeksi cacar monyet kini telah menjalani isolasi di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS).

Baca juga: RSHS Rawat Pasien Cacar Monyet, Berikut Bahaya dan Pencegahannya

"Warga Kota Bandung, hasil lab di Jakarta positif cacar monyet dan kini sudah diisolasi, dalam perawatan di RSHS," ujar Anhar.

Dia menyampaikan, pihaknya pun telah melakukan pemeriksaan kepada orang-orang di sekitar pasien untuk mengantisipasi penyebaran.

"Hasilnya semua negatif sehingga tak perlu perawatan apalagi isolasi," ucap Anhar.

Kronologi temuan pasien cacar monyet di Bandung

Anhar membeberkan kronologi penemuan kasus cacar monyet atau monkeypox di Kota Bandung.

Pasien adalah laki-laki berusia 36 tahun yang merupakan warga Kota Bandung, Jabar.

Baca juga: Satu Warga Bandung Terpapar Cacar Monyet, Kontak Eratnya Dicari

Awalnya, Anhar melanjutkan, pada Senin (27/10/2023), pasien memeriksakan diri ke puskesmas karena terdapat lesi di badannya.

"Lalu pada Selasa (24/10/2023) dirujuk ke RSHS. Dapat hasil labnya Jumat (27/10/2023). Diagnosis pastinya keluar dari hasil pemeriksaan lab RS Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso," jelasnya.

"Sampai 21 hari ke depan, Dinkes terus memantau anggota keluarga yang serumah dengan pasien sembari berusaha mencari kontak erat lainnya," sambungnya.

Dari hasil pemantauan sampai Senin (30/10/2023), kondisi pasien secara klinis dinyatakan stabil. Akan tetapi, dia belum boleh pulang karena harus menjalani serangkaian tes dan pemeriksaan untuk memastikan kondisinya.

Dia pun kembali mengingatkan agar warga tetap tenang dengan adanya temuan kasus cacar monyet di Bandung.

Menurutnya, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengenali tanda dan gejala penyakit cacar monyet, mengikuti informasi mengenai monkeypox, hindari hoaks, dan jauhi stigma serta diskriminasi terhadap pasien.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul "Ada Warga yang Positif Cacar Monyet, Dinkes Kota Bandung Minta Warga Tidak Panik, Lakukan Ini"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com