Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Warga di Purwakarta Keracunan Usai Santap Nasi Kotak Jumat Berkah

Kompas.com - 18/11/2023, 08:57 WIB
Farida Farhan,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

 

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan warga di Kampung Cikubang, Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mengalami Keracunan massal usai menyantap nasi kotak Jumat berkah, Jumat (17/11/2023).

Akibat keracunan itu, sejumlah ambulans hilir mudik membawa pasien korban keracunan. Korban dibawa ke sejumlah puskesmas dan fasilitas kesehatan.

Baca juga: Puluhan Atlet Taekwondo di NTT Keracunan Ikan

Kepala Dusun Kampung Cikubang, Enung Kosasih mengatakan, ada sekitar 250 makanan Jumat Berkah yang dibagikan kepada warga usai melaksanakan shalat Jumat.

"Ada sekitar 250 boks yang dibagikan usai salat Jumat di Masjid Al Hidayah. Makanan itu berisikan nasi, telur dan mie," kata Enung saat dihubungi, Sabtu (18/11/2023).

Dirinya menyebutkan bahwa korban mulai mengalami keluhan mual dan sakit perut pada sore hari sekitar 16.00 WIB.

"Baru pada ngeluh sakit sekitar jam 4 sore, langsung berdatangan Klinik Ibnu Sina. Karena tidak tertampung akhirnya dirujuk ke Puskesmas Kiarapedes dan Wanayasa serta RS Holistic," ujar Enung.

Camat Kiarapedes, Helmi Setiawan mengatakan, ratusan korban itu dirawat di empat lokasi yang berbeda. Rinciannya di Klinik Ibnu Sina ada 80 orang, Puskesmas Kiarapedes sebanyak 15, dan Puskesmas Wanayasa sejumlah 58.

"Lalu di RS Holistic 7 orang," ujar Helmi Setiawan saat dihuhungi, Sabtu (18/11/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com