Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Lintas Agama Kota Bandung Berdoa dan Berdonasi untuk Palestina

Kompas.com - 24/11/2023, 16:46 WIB
Putra Prima Perdana,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Balai Kota Bandung menjadi tempat penyelenggaraan doa bersama lintas agama bersama pemuka-pemuka agama yang tergabung dalam Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Bandung, Jumat (24/11/2023) siang.

Kegiatan doa bersama yang dirangkaikan dengan istigasah dan shalat ghaib tersebut dilanjutkan dengan pengumpulan donasi kemanusiaan untuk membantu masyarakat Palestina yang terdampak konflik.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono pun mengimbau seluruh ASN di Kota Bandung yang berada di bawah Organisasi Perangkat Dinas (OPD) menyisihkan penghasilannya untuk memberikan donasi untuk Palestina. Nantinya uang tersebut akan dikumpulkan Baznas.

Baca juga: Doa Bersama Umat Hindu dan Lintas Agama untuk Palestina di Candi Prambanan

"Jadi hari ini kita seluruh warga Kota Bandung lintas agama memberikan doa agar kedamaian di Palestina ini bisa terjadi, jadi bukan hanya di agama Islam tapi lintas agama," kata Bambang seusai doa bersama di Balai Kota Bandung, Jumat siang.

"Mari dukung saudara kita di Palestina dengan doa dan kita (Pemkot Bandung) mengimbau kepada seluruh ASN yang ada di Kota Bandung untuk sedikit menyisihkan rezekinya, untuk solidaritas di Palestina," tambah dia. 

Baca juga: Jalan Tertutup Longsor, Warga Sakit Bandung Barat Terpaksa Ditandu lewat Hutan

Selain ASN, Bambang mengimbau seluruh warga Bandung memberikan donasi untuk solidaritas kemanusiaan di Palestina hingga batas akhir tanggal 15 Desember 2023.

"Kita mengimbau, mengajak seluruh masyarakat Kota Bandung menyisihkan sedikit hartanya untuk berdonasi untuk korban di Palestina. Tentunya tata caranya sudah diatur melalui Undang Undang Baznas dan surat edaran menteri agama. Jadi nanti Baznas yang akan memfasilitasi untuk menyalurkan itu semua," bebernya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung, Abdurahim menyebut, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian seluruh lapisan masyarakat Kota Bandung terhadap rakyat Palestina.

Untuk diketahui, selain di Plaza Balai Kota, acara ini juga digelar serentak di 30 Kecamatan Kota Bandung.

"Warga Kota Bandung selalu berdoa untuk saudara-saudara kita di Palestina. Kita tidak senang kepada peperangan, radikalisme, dan penjajahan. Kita cinta damai," ujarnya.

Kepala Baznas Kota Bandung, Akhmad Rozikin menyebut, dalam kegiatan ini juga dilakukan penggalangan donasi spontan bagi rakyat Palestina.

Adapun data yang diterima Humas Kota Bandung, total hasil donasi spontan kepedulian untuk Palestina dari warga Kota Bandung telah mencapai Rp 426.740.525.

"Penggalangan donasi hingga 15 Desember 2023. Nanti pemerintah akan mengeluarkan edaran. Ini sifatnya imbauan, jadi untuk mengasah empati kita terhadap saudara-saudara di Palestina," ujar Rozikin.

Adapun teknis penyaluran donasinya, setelah donasi terkumpul, nantinya donasi tersebut akan diserahkan kepada Baznas RI kemudian disalurkan oleh Baznas RI kepada pihak penerima manfaat di Palestina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com