Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawanan Babi Hutan Turun Gunung Rusak Rumah Warga di Bandung Barat

Kompas.com - 28/11/2023, 12:24 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Masyarakat Kampung Purabaya, Desa Jayamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat digegerkan dengan kedatangan kawanan babi hutan yang masuk ke permukiman mereka.

Babi hutan itu tiba-tiba masuk ke permukiman dari arah hutan di Gunung Bendera di sekitar Padalarang. Warga yang kaget atas kehadiran sekelompok hewan liar itu sontak langsung memburunya sampai dapat.

"Kejadiannya yang ramai itu kemarin sore. Tapi sebelumnya sopir angkot melihat seperti ada yang bergerombol di lahan proyek perumahan baru yang lokasinya berada di ketinggian," kata Kepala Desa Jayamekar, Siti Khoiriyah, saat ditemui di Padalarang, Selasa (28/11/2023).

Baca juga: Sensor Gerak Amankan 4,5 Hektar Sawah dari Serangan Babi Hutan di Probolinggo

Kawanan babi hutan yang bergerombol di lahan proyek perumahan itu kemudian bubar setelah ada aktivitas pembangunan.

Sehingga sore harinya kawanan babi hutan itu masuk ke permukiman warga. 

"Jumlahnya keseluruhan ada 9 ekor. Tapi yang masuk ke RW 05 sama RW 06 Desa Jayamekar ada 3 ekor. Merusak pagar, warung, pintu warga. Sementara 6 ekor lainnya kabur ada yang ke Desa Padalarang juga," ujar Siti.

Baca juga: Hujan Deras Guyur Bandung Barat, 1 Rumah Jebol Diterjang Longsor

Babi hutan pertama muncul dari arah hulu di saluran air, warga yang kaget kemudian meneriaki babi hutan yang melintas. Tak lama babi hutan itu diburu ramai-ramai sampai dapat.

"Dari 3 ekor yang masuk desa kami, 2 berhasil didapat dalam keadaan mati. Sementara 1 ekor lagi lepas dan masuk kawasan Pusdikkav Padalarang," tutur Siti.

Siti menduga, kawanan babi hutan itu merupakan hewan liar yang turun dari kawasan hutan Gunung Bendera. Mereka diduga masuk permukiman warga karena diburu oleh pemburu babi yang biasa mencari di hutan-hutan.

"Soalnya kemarin pemburunya ada. Jadi ada 3 orang pemburu. Mereka bawa 2 anjing pemburu. Nah kata dia semua total babi hutannya ada 9 ekor yang turun ke sini," sebut Siti.

Saat ini, masyarakat Desa Jayamekar masih berjaga-jaga mewaspadai adanya babi hutan yang kembali masuk permukiman. Pasalnya 6 ekor bagian dari kawanan babi hutan itu diduga masih berkeliaran di sekitar permukiman warga.

"Sekarang warga masih was-was. Karena kan yang 6 ekor belum ketemu. Yang ditakutkan bisa merusak atau melukai warga. Jadi warga sekarang berjaga-jaga," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com