Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam 2 Hari, 97.018 Kendaraan Masuk ke Kawasan Wisata Puncak Bogor

Kompas.com - 24/12/2023, 20:35 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Andi Hartik

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Sebanyak 97.018 kendaraan memasuki kawasan wisata Puncak Bogor, Jawa Barat, dalam dua terakhir terhitung sejak Sabtu (23/12/2023) hingga Minggu (24/12/2023).

Jumlah tersebut terangkum dari camera traffic counting Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Rinciannya, data keberangkatan dari Jakarta melalui GT Tol Ciawi atau Simpang Gadog menuju arah Puncak pada Sabtu sebanyak 60.940 kendaraan.

Kemudian, pada hari ini atau Minggu, telah terdapat 36.078 kendaraan dari Jakarta yang masuk menuju kawasan wisata Puncak.

Baca juga: Jalur Puncak Bogor Macet, Kini One Way Berlaku dari Puncak ke Jakarta

Dengan demikian, volume kendaraan yang mengunjungi kawasan wisata Puncak sudah mencapai 97.018 kendaraan.

Jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan arus lalu lintas kendaraan yang masuk pada akhir pekan atau weekend sebelumnya di jalur wisata Puncak Bogor.

Baca juga: Puncak Bogor Macet Dilewati 4.000 Kendaraan Wisatawan Siang Ini

KBO Sat Lantas Polres Bogor, Iptu Ardian Noviantasari mengatakan, angka tersebut dihimpun dari jenis kendaraan seperti sepeda motor, mobil, dan bus atau truk.

"Sampai dengan hari Sabtu kemarin itu terhitung dari pantauan traffic counting kendaraan yang masuk ke Puncak, apabila dijumlahkan itu mencapai kurang lebih 60.000 dengan rincian motor ada 42.471, mobil 17.014, dan bus atau truk 1.455. Jadi total Sabtu kemarin ada 60.940 kendaraan," ujar Ardian.

"Kemudian untuk hari ini Minggu jam 13.02 WIB, sepeda motor sebanyak 24.740, lalu mobil 10.585, dan bus atau truk ada 753, dengan begitu total 36.078 kendaraan per hari ini dan masih dapat berubah (bertambah)," sambungnya.

Menurutnya, ribuan pengendara tersebut tujuan perjalanannya rata-rata ke kawasan wisata Puncak, Bogor dan sekitarnya.

Kawasan wisata Puncak Bogor-Cianjur masih menjadi destinasi favorit warga Jabodetabek yang hendak menikmati liburan bersama keluarga, seperti halnya pada saat libur panjang weekend seperti saat ini.

Arus lalu lintas kendaraan pada hari ini pun terpantau meriah atau ramai lancar di kedua arah.

Sejak Minggu pagi hingga sore ini, lalu lintas kendaraan yang melintas di jalur tersebut ramai. Kendaraan yang melintas didominasi kendaraan pribadi dari luar Bogor.

"Arus lalin yang menuju kawasan wisata Puncak cukup meriah terbukti pagi tadi terjadi antrean yang mencapai KM 45 rest area setelah keluar gerbang Ciawi," kata Ardian.

Satuan Lalu Lintas Polres Bogor menerapkan sistem ganjil genap dan one way untuk kendaraan yang menuju kawasan wisata Puncak.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com