Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Husein Sastranegara Buka Rute Bandung-Pangandaran untuk Dongkrak Sektor Pariwisata

Kompas.com - 29/12/2023, 15:50 WIB
Faqih Rohman Syafei,
Andi Hartik

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Bandara Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat, membuka rute penerbangan menuju Kabupaten Pangandaran, Jumat (29/12/2023). Diharapkan, adanya rute penerbangan ini bisa mendongkrak sektor pariwisata.

VP of Corporate Communication AP II Cin Asmoro mengatakan, rute penerbangan Bandung - Pangandaran dioperasikan oleh maskapai Susi Air dengan menggunakan pesawat caravan berkapasitas 12 penumpang.

"Seperti diketahui, penerbangan komersial dengan pesawat jet di Jawa Barat kini dilayani di Bandara Kertajati. Sementara, untuk penerbangan komersial dengan pesawat propeller melalui Bandara Husein Sastranegara," ujar Cin dalam keterangan resminya, Jumat (29/12/2023).

Baca juga: Diduga Oleng, Minibus Tabrak Pejalan Kaki hingga Tewas di Bandung

Dia menerangkan, adanya rute Bandung - Pangandaran menandai bahwa Bandara Husein Sastranegara kembali melayani penerbangan komersial bagi masyarakat.

Adapun jadwal rute penerbangan ini setiap hari Senin dan Jumat. Rute Bandung - Pangandaran setiap pukul 09.15 - 10.00 WIB dan sebaliknya setiap pukul 10.30 - 11.15 WIB.

Baca juga: 27 Anggota Geng Motor Serang Lawan, Warga hingga Tukang Bakso di Bandung Barat, Videonya Viral di Medsos

 

Adanya rute Bandung - Pangandaran ini diharapkan bisa mendongkrak sektor pariwisata di Jabar. Mengingat, waktu perjalanan akan semakin singkat bila melalui transportasi udara.

“Berkat kolaborasi yang baik antara AP II dan Susi Air, rute Bandung - Pangandaran dengan pesawat propeller ini dapat dibuka untuk melayani masyarakat dan tentunya harapan kami adalah rute ini turut memperkuat sektor pariwisata di Jawa Barat,” kata Cin.

Selain ke Pangandaran, Cin menyebutkan Susi Air juga membuka rute Bandung - Jakarta atau Bandara Halim Perdanakusuma setiap Senin dan Jumat dengan jadwal penerbangan pukul 11.45 - 12.20 WIB.

Lalu rute Jakarta - Bandung juga setiap Senin dan Jumat dengan jadwal penerbangan pukul 08.10 - 08.45 WIB.

“AP II sebagai pengelola dua bandara di Jawa Barat yakni Bandara Kertajati dan Bandara Husein Sastranegara terus berupaya memperkuat konektivitas penerbangan di Indonesia. Kedua bandara tersebut akan saling melengkapi untuk memberikan kemudahan akses transportasi udara bagi masyarakat,” terang Cin.

Sementara itu, Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara, R Indra Crisna Seputra mengaku bahwa seluruh fasilitas dan personel bandara yang berada di tengah Kota Bandung ini sudah disiapkan dengan baik.

Dia berharap, kerja sama antara pemerintah dan Susi Air ini bisa berjalan dengan baik sehingga keberadaan dua rute tersebut manfaatnya bisa dirasakan masyarakat.

"Seluruh fasilitas operasional dan pelayanan, baik di sisi udara maupun sisi darat dipastikan siap dalam mendukung penerbangan ini,” ucap Indra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com