Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Bendungan Cipanas, Pemasok Air Baku dan Irigasi di Kawasan Rebana

Kompas.com - 11/01/2024, 22:44 WIB
Puspasari Setyaningrum

Editor

KOMPAS.com - Bendungan Cipanas merupakan sebuah bendungan multifungsi yang berada di Desa Cibuluh, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Sumber air Bendungan Cipanas berasal dari Sungai Cipanas yang merupakan bagian dari wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung.

Baca juga: Siap Diresmikan, Bendungan Cipanas Telah Terisi Air 10 Persen

Bendungan Cipanas yang memiliki tipe urugan inti tegak ini dibangun dengan tinggi 71,60 meter dan dilengkapi dengan terowongan pengelak sepanjang 452 meter.

Adapun luas genangan Bendungan Cipanas adalah 1.315,95 hektare dengan kapasitas 250,81 juta meter kubik atau 10 kali lebih besar dari kapasitas Bendungan Kuningan.

Baca juga: Profil Bendungan Cipanas, Pengendali Banjir Indramayu

Sejarah Pembangunan Bendungan Cipanas

Pembangunan Bendungan Cipanas merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) pada periode 2015-2025 yang bertujuan untuk mengelola sumber daya air demi mendukung ketahanan air, pangan, dan energi.

Proyek ini dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT. Wijaya Karya - PT. Jaya Konstruksi (KSO) yang fokus pada pembangunan dan peninggian tubuh bendungan, serta PT. Brantas Abipraya (Persero) yang fokus pada pembangunan infrastruktur pendukung.

Baca juga: Pembangunan Berjalan Mulus, Bendungan Cipanas Diisi Air Pertengahan 2023

Secara keseluruhan, biaya pembangunan Bendungan Cipanas adalah sebesar Rp2,03 triliun yang bersumber dari APBN.

Pembangunan Bendungan Cipanas dimulai sejak November 2016 hingga selesai pada Desember 2023.

Bendungan Cipanas juga telah memulai proses pengisian awal (impounding) yang dilakukan pada hari Jumat 19 Mei 2023.

Sementara pada awal Januari 2024, keterisian bendungan telah mencapai 10 persen dan masih akan bertambah selama musim hujan.

Fungsi Bendungan Cipanas

Bendungan yang dibangun oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung ini merupakan bendungan multifungsi yang akan membawa manfaat bagi masyarakat di wilayah Sumedang, Indramayu dan Majalengka.

Dibangunnya infrastruktur ini juga bertujuan untuk mendukung kawasan segitiga Cirebon-Patimban-Kertajati (Rebana) yang berada di Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Sumedang.

Sebagai penampung air, bendungan ini akan menyediakan sumber air baku di kawasan segitiga Cirebon-Patimban-Kertajati (Rebana) yang berada di Kabupaten Indramayu dan Sumedang.

Sebagai pengendali banjir untuk wilayah Indramayu dan sekitarnya, Bendungan Cipanas mampu mengurangi debit banjir sebesar 487,75 meter kubik per detik.

Bendungan Cipanas di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.Dok. Kementerian PUPR Bendungan Cipanas di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Selain itu, nantinya Bendungan Cipanas juga akan memenuhi kebutuhan air bagi 9.273 hektare sawah melalui saluran irigasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com