Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Juta Keluarga di Jabar Dapat Bantuan Beras 10 Kg

Kompas.com - 27/01/2024, 08:07 WIB
Faqih Rohman Syafei,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebanyak 4.445.601 keluarga penerima manfaat (KPM) di Jawa Barat menerima bantuan cadangan pangan beras tahap pertama tahun 2024.

Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar Neni Fasyaini mengatakan, program cadangan pangan pemerintah (CPP) ini memberikan 10 kilogram beras pada masing- masing keluarga.

Baca juga: Yayasan Amal Khair Yasmin Gandeng Dompet Dhuafa Salurkan Bantuan untuk Palestina

Dia menerangkan, penerima bantuan tahun 2024 berbeda dengan periode sebelumnya. Artinya sumber data yang menerima bantuan ini berbeda dengan tahun 2023.

"Sumber data KPM berasal dari data P3KE Kemenko PMK yang diserahkan kepada Badan Pangan Nasional, dilanjutkan dengan Penugasan Kepada Prul BULOG untuk penyaluran Bantuan Pangan Komoditas Beras," ucap Neni dalam keterangan resminya, Sabtu (27/1/2024).

Neni menyebut, bantuan ini sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo untuk memberikan bantuan CPP kepada 22.004.077 keluarga penerima bantuan.

Wakil Pimpinan Wilayah Bulog Kanwil Jabar, Mersi Windrayani mengatakan, bantuan kepada 4 juta keluarga di Jabar ini akan disalurkan selama enam bulan dalam dua tahap.

Lebih lanjut, pada tahap satu akan berlangsung pada Januari-April, dan tahap dua pada April-Juni 2024.

Adapun penyaluran bantuan akan dilalukan oleh PT Pos Indonesia atas penugasan dari Bulog Jabar.

Baca juga: TKN Tegaskan Tak Pasang Stiker Prabowo-Gibran di Beras Bulog: Fitnah!

"Alhamdulillah pada tanggal 26 Januari 2024 sudah mulai dilakukan penyaluran bantuan pangan secara masif di beberapa wilayah kabupaten/kota," kata Neni.

Untuk di Kota Bandung, dia menyebut penyaluran berlokasi di Kantor Pos Soekarno Hatta, Kecamatan Rancasari. Penyaluran CCP beras untuk 7 kecamatan di Kota Bandung sendiri mencapai 112,540 ton.

"Penyaluran untuk alokasi Kecamatan Rancasari sebanyak 1.760 KPM yang terdiri dari Kelurahan Majahlega, Kelurahan Cipamokolan, Kelurahan Mekarmulya dan Kelurahan Derwati," terang Neni.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com