Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPBD Cianjur Masih Terapkan Status Siaga Bencana di Seluruh Wilayah

Kompas.com - 05/02/2024, 07:22 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

Sumber Antara

CIANJUR, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, masih menerapkan status siaga bencana bagi pengelola obyek wisata di Cianjur dan warga di seluruh wilayah Cianjur.

Status ini masih dipertahankan seiring cuaca ekstrem yang masih melanda, dan diperkirakan berlangsung hingga Maret 2024.

Kepala Pelaksana BPBD Cianjur Asep Sukma Wijaya di Cianjur, Minggu (4/2/2024) kemarin, mengatakan, di sepanjang Januari pihaknya mencatat lebih dari 18 bencana alam.

Baca juga: 5 Mobil Diterjang Longsor Saat Melintas, Satu Keluarga di Taput Tewas

Bencana yang terjadi di Cianjur tersebut antara lain pohon tumbang, banjir, dan tanah longsor.

"Terakhir beberapa hari yang lalu, petugas gabungan menuntaskan penanganan longsor di Kecamatan Cibinong, yang menutup landasan jalan penghubung antar-desa dan kecamatan," kata dia.

Seiring tingginya curah hujan yang turun hampir setiap hari dan merata di seluruh wilayah Cianjur, maka warga dan pengelola tempat wisata diminta meningkatkan kesiagaan dan kewaspadaan.

Terutama, kata Asep, obyek wisata air terjun dan pantai di wilayah selatan.

Di daerah itu pengelola wisata diminta melarang dan menepatkan petugas untuk melakukan pengawasan dan pengamanan bagi wisatawan yang berkunjung, agar tidak mendekati bibir pantai saat cuaca ekstrem.

"Sejak beberapa bulan terakhir kami menyiagakan 1.500 relawan tangguh bencana (Retana) di masing-masing kecamatan," kata dia.

Retana bertugas membuat laporan rutin, melakukan pemetaan, dan evakuasi ketika melihat tanda alam akan terjadi bencana.

Baca juga: 5 Mobil di Taput Terkena Longsor, Pasutri dan Anak Balitanya Tewas

Pihaknya juga meminta, terutama bagi pengendara yang melintas di sepanjang jalur utama Cianjur, untuk tetap berhati-hati dan waspada.

Sebab di kawasan tersebut adalah jalur rawan longsor, banjir, dan pohon tumbang, seperti di Jalan Raya Cipanas, Jalan Raya Cianjur-Bandung, dan Jalan Raya Cianjur-Sukabumi.

"Selama satu pekan terakhir tercatat empat pohon tumbang berukuran besar yang tuntas dilakukan penanganannya oleh petugas gabungan BPBD, Damkar, dan PMI Cianjur."

"Sehingga ini harus menjadi kewaspadaan pengguna jalan saat melintas, termasuk jalur selatan Cianjur," kata Asep

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com