Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Asep Dicuri, Pelaku Diberi Tembakan Peringatan karena Sembunyi di Bawah Kasur

Kompas.com - 02/07/2022, 15:25 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Seorang pencuri kendaraan bermotor (curanmor) ditangkap setelah bersembubyi di bawah kasur warga di Desa Cicadas, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pelaku yang berinisial PG (22) ini ditangkap karena selain mencoba kabur, dia juga mengacungkan senjata tajam jenis badik ke polisi.

Kapolsek Gunung Putri Kompol Bayu Tri Nugraha menjelaskan, pencurian itu terjadi pada Jumat (1/7/2022) sekitar pukul 13.00 WIB. Semua bermula saat PG ketahuan membawa kabur sepeda motor milik Asep.

Baca juga: HUT Bhayangkara, Kapolda Riau Bicara soal Pencuri Sendal dan Sebiji Durian

Siang itu, Asep awalnya mendengar ada suara mencurigakan di depan kontrakannya. Ia kemudian keluar untuk mengecek suara tersebut. Tak dinyana, Asep terkejut melihat seorang pemuda yang tidak dikenal mendorong motornya.

"Akhirnya korban ini langsung teriak, maling-maling," kata Bayu, Sabtu (2/7/2022).

Mendengar teriakan maling tersebut, pelaku panik kemudian menjatuhkan motor itu dan langsung lari sekencang-kencangnya hingga tak dapat dikejar.

Korban dan warga sekitar kehilangan jejak pelaku, namun mereka tetap berusaha melacak jejaknya ke kontrakan warga lain.

Semangat memberantas curanmor itu akhirnya membuahkan hasil, seorang warga memberi tahu keberadaan pelaku (PG) yang sedang bersembunyi di dalam kontrakan tepatnya di bawah kasur. Pelaku kemudian dikepung oleh warga sekitar.

Tak lama kemudian, polisi setempat datang ke lokasi untuk mengamankan pelaku agar terhindar dari amukan massa.

Baca juga: Gagal Curi Motor karena Tepergok Warga, 2 Pencuri di Malang Sempat Acungkan Celurit

"Pelaku bersembunyi di bawah kasur di dalam kontrakan warga sekitar, karena warga berinisial SR itu ketakutan kemudian meminta tolong dan memberi tahu warga lain. Siang itu anggota polsek Gunung Putri bersama warga langsung masuk ke dalam kontrakan," ungkapnya.

Pada saat itu, sambung Bayu, pelaku sempat mengacungkan senjata tajam jenis badik ke arah petugas dan warga. Alhasil, polisi memberikan tembakan peringatan ke udara sebanyak satu kali.

"Setelah tembakan peringatan itu pelaku akhirnya menyerahkan diri. Saat akan dibawa ke mobil patroli, warga sempat menghakimi pelaku," ujar Bayu.

Saat ini, pelaku sudah diamankan di Mapolsek Gunung Putri untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

Adapun barang bukti yang turut diamankan berupa satu unit motor hasil curian merek honda, satu buah kunci leter T dan satu buah senjata tajam jenis badik, yang dipakai menyerang petugas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com