Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Masuk Jurang di Cadas Pangeran Sumedang, 2 Korban Kritis

Kompas.com - 09/04/2023, 09:18 WIB
Aam Aminullah,
Andi Hartik

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Motor Yamaha NMax yang dikemudikan Dadan Supardan (45), warga RT 3 RW 2, Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, masuk ke jurang sedalam 15 meter di Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada Sabtu (8/4/2023) malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Saat kejadian, korban membonceng Rosmiati (45), warga RT 2 RW 2, Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung.

Kedua korban berikut motornya masuk ke dasar jurang kawasan Cadas Pangeran, tepatnya di Dusun Cilengsar, Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

Baca juga: 2022, Prevalensi Balita Stunting di Jabar 20,2 Persen, Sumedang Tertinggi, Kota Bekasi Terendah

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno mengatakan, saat dievakuasi, kedua korban dalam keadaan tidak sadarkan diri.

"Saat kami evakuasi, kedua korban tidak sadarkan diri dan langsung kami larikan ke RSUD Sumedang," ujar Atang kepada Kompas.com melalui WhatsApp, Minggu (9/4/2023).

"Saat ini, kedua korban dalam penanganan tim medis di IGD RSUD Sumedang," tutur Atang.

Baca juga: 15 Rumah di Sumedang Rusak Diterjang Puting Beliung

Atang menuturkan, setelah mengevakuasi kedua korban, pihaknya bersama unsur lain dari TNI dan Polri melakukan evakuasi kendaraan dari dasar jurang.

Atang mengimbau kepada para pengguna jalan supaya lebih waspada, terutama ketika melintasi kawasan Cadas Pangeran yang gelap.

"Apalagi setelah hujan, jalan licin, jadi kami imbau warga yang akan melewati kawasan Cadas Pangeran ini lebih waspada," sebut Atang.

Pantauan Kompas.com, sejak beberapa hari terakhir, jalan di sekitar kawasan Cadas Pangeran sedang dalam perbaikan oleh Kementerian PUPR.

Selain pengaspalan jalan, perbaikan juga meliputi guard rail atau pengaman jalan. Pagar itu dilepas untuk diganti dengan yang baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com