Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti Jejak Ridwan Kamil, Atalia Gabung Golkar dan Langsung Daftar Jadi Caleg

Kompas.com - 13/05/2023, 14:30 WIB
Dendi Ramdhani,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Atalia Praratya, istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, maju sebagai bakal calon legislatif dari Partai Golkar.

Atalia akan bertarung di Derah Pemilihan (Dapil I) Kota Bandung, Jawa Barat.

Baca juga: Atalia Praratya Unggul Dalam Survei Calon Wali Kota Bandung 2024, Kalah dari Irfan Hakim Sebagai Calon Wakil Walkot

Ridwan Kamil mengatakan, diskusi rencana Atalia maju jadi caleg dari Golkar sudah berlangsung selama setahun.

Baca juga: Ridwan Kamil Ingin Atalia Bergabung ke Golkar: Biar Paket Hemat

"(Proses diskusinya) sudah setahun, cuma menjelang pengumuman lebih intens saja. Anggota DPR ya berarti kader ya, baru seminggu (jadi kader)," kata Emil, sapaan akrabnya, di Masjid Al Jabbar, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (13/5/2023).

Baca juga: Direstui Ridwan Kamil, Atalia Belum Mau Masuk Partai: Saya Cocoknya Pendukung Suami

Emil mendukung penuh keputusan istrinya untuk terjun di dunia politik.

Menurutnya, Atalia punya kapasitas sebagai legislator dengan latar belakang pendidikan tinggi (gelak doktor), aktivis, serta banyak berkecimpung dalam kegiatan kemanusiaan.

"Selama ini (Atalia) memberikan hidupnya untuk masyarakat dan kemanusiaan. Tapi, tentunya masuk partai itu punya cita-cita membawa kebermanfaatannya di level kebijakan nasional. Makanya, memilih ingin mengabdikan pemikirannya di level nasional. Maka yang paling pas sebagai anggota DPR," tutur Emil.

Emil mengaku tidak secara langsung mengarahkan Atalia untuk bergabung dengan Golkar. Dia hanya memberikan gambaran dasar tentang dunia politik.

"Kenapa Golkar, bukan karena arahan saya. Saya enggak pernah ngarahin, hanya memberikan plus minus dari keinginannya. Bahwa paham-nya sama, ya alhamdulillah. Saya tidak maksa, tidak mengarahkan terlalu jauh," kata Emil.

"Dan saya tidak ikut karena saya fokus eksekutif. Jadi tidak ada konflik kepentingan atau hal yang terlalu kurang, karena ini bidang kebijakan di nasional dan saya fokus di Jabar," jelasnya.

Untuk diketahuim Ridwan Kamil beberapa waktu lalu juga telah memutuskan untuk bergabung menjadi kader Golkar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com