Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Petani di Bandung Barat Tewas Tertimbun Longsor

Kompas.com - 09/01/2024, 18:21 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Seorang petani di Kampung Tugumukti RT 01 RW 13 Desa Tugumukti, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, tewas tertimbun longsor, Selasa (9/1/2024).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat merilis, bencana tanah longsor tersebut terjadi setelah hujan deras dengan durasi cukup lama mengguyur wilayah Kecamatan Cisarua.

Akibat hujan deras itu, tebing setinggi 40 meter dan panjang 50 meter, longsor dan menimpa sejumlah kendaraan dan petani yang tengah beraktivitas di bawah tebing.

Baca juga: Hujan Deras Sebabkan Longsor di Bogor, 5 Rumah Rusak

"Hujan deras yang terus menerus terjadi dari sekitar pukul 13.00 WIB mengakibat tebing setinggi kurang lebih 40 meter panjang 50 meter mengalami longsor dan menimpa 1 kendaraan roda 4 dan 2 kendaraan roda 2," ujar Petugas Lapangan BPBD Bandung Barat, Suheri saat dihubungi, Selasa (9/1/2024).

Di saat bersamaan, sejumlah petani sayur di Kampung Tugumukti tengah mengemas hasil panen dengan menyiapkan kendaraan mobil bak dan 2 kendaraan roda dua untuk kemudian diantar ke gudang sayuran.

Baca juga: Tertimpa Longsor dan Jatuh ke Jurang Curug Layang, Kakek Asal Purbalingga Tewas

Namun nahas, sebuah tebing raksasa tiba-tiba runtuh dan menimbun kendaraan beserta dua petani yang sedang mengemas sayuran hasil panen di tepi kebun.

"Dua korban ini sedang nge-pack sayuran. 1 korban meninggal dunia ditemukan kurang lebih 300 meter dari titik longsor dan langsung dibawa ke rumah korban," kata Heri.

Korban yang meninggal dunia usai tertimbun longsor itu diketahui atas nama Hendra. Korban berhasil dievakuasi beberapa saat setelah kejadian.

Saat ini korban sudah dibawa ke rumah duka di Kampung Cipeusing RT 01 RW 03 Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Bandung Barat.

"Sementara 1 orang korban mengalami luka-luka usai tertimbun. Korban selamat ditemukan di dekat longsor," imbuhnya.

Korban yang mengalami luka langsung dievakuasi dan dibopong ke rumah sakit terdekat untuk mendapat pertolongan medis. Sementara pemerintah desa menyatakan bakal menjamin biaya perawatan korban tertimbun longsor.

"1 orang luka-luka diketahui dengan nama panggilan Bojes dan sudah dibawa ke rumah sakit. Untuk biaya perawatan korban luka-luka bakal ditanggung Pemerintah Desa Tugumukti," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com