Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Longsor Susulan, Sejumlah Warga di Sukabumi Diungsikan

Kompas.com - 24/01/2024, 15:48 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Longsor menerjang sepuluh rumah di Sukabumi, Jawa Barat, tepatnya di Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Rabu (24/1/2024). Untuk antisipasi longsor susulan, sejumlah warga terpaksa diungsikan.

Kepala Desa Sekarwangi, Abeng Baenuri, menjelaskan, kondisi tanah di lokasi longsor masih labil.

"Sampai saat ini longsor masih terus terjadi, rumah warga yang sudah tertimbun ada 10 rumah dan di bawah yang satu arah dengan longsoran ini ada 4 rumah yang terancam, yang masih berdiri," jelasnya, dilansir dari Tribunnews.com.

Baca juga: Detik-detik Longsor Timbun 10 Rumah di Sukabumi, Warga Dengar Suara Aneh

Abeng menceritakan, sebelum terjadi longsor, sejumlah warga mengaku resah akan kondisi tanah di tebing di sekitar dekat desa labil. Abeng pun segera ke lokasi dan memastikan situasinya.

"Saya pun ke lokasi dan ternyata betul udah ada beberapa rumpun bambu yang sudah agak miring, agak condong dan bunyi kretek-kretek, mungkin itu dari bambu yang patah," ujar Abeng kepada wartawan di lokasi.

Baca juga: Pemprov Banten Petakan 5 Ruas Jalan Rawan Longsor di Lebak

Tak mau ambil risiko, Abeng meminta beberapa warga di sekitar tebing mengungsi terlebih dahulu. Warga pun mengikuti arahan tersebut. Lalu pada Rabu pagi terjadi longsor.

Abeng mengatakan, tidak ada korban luka dan jiwa dalam peristiwa itu.

"Alhamdulillah saat ini dari BPBD, dari semua intansi juga hadir, tapi kami belum bisa mengevakuasi secara maksimal karena tanah masih terus bergerak," ucap Abeng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com