Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Titik Rawan Bencana di Jalur Mudik Cianjur

Kompas.com - 04/04/2024, 23:45 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Reni Susanti

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com - Pengendara diimbau berhati-hati saat melintasi jalur mudik di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Pasalnya, terdapat sejumlah titik rawan bencana di jalur utama maupun alternatif.

Kepala Satlantas Polres Cianjur, AKP Anjar Maulana menyebutkan, ada tiga titik rawan bencana yang patut diwaspadai. Di antaranya rawan longsor di jalur Puncak, tepatnya di daerah Cugenang dan daerah Cibeet jalur Jonggol.

Baca juga: Jadwal Kereta Api Sukabumi Cianjur dan Harga Tiket

"Termasuk rawan bencana banjir di daerah Ciherang Karangtengah, yakni di ruas jalan arteri," kata Anjar kepada Kompas.com di Cianjur, Kamis (4/4/2024).

Selain itu, jajarannya telah berkordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur kaitan inventarisasi pohon kakija (kanan kiri jalan) yang rawan tumbang.

"Beberapa sudah dilakukan penebangan, yakni pohon-pohon yang sudah lapuk," ujar dia.

Baca juga: Jalannya Sempit, Puncak 2 Cianjur Tak Direkomendasikan Jadi Jalur Mudik

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ((BPBD) Cianjur Asep Kusmana saat dihubungi mengatakan, telah berkordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup perihal inventarisasi pohon rawan tumbang.

“Sudah, dibeberapa titik sudah ditangani. Namun, pengendara tetap diimbau berhati-hati, terutama di jalur Puncak dan selatan,” kata Asep kepada Kompas.com, Kamis petang. 

Asep juga mengingatkan pengendara dan pemudik  soal kondisi anomali cuaca saat ini. 

“Akhir-akhir ini sulit ditebak, cuaca bisa cepat berubah dari panas tiba-tiba hujan lebat,” beber dia. 

BPBD Cianjur sendiri, sebut Asep, mendirikan tiga posko pantau yang ditempatkan di bilangan jalan Pramuka Karangtengah, jalur Puncak dan jalur pantai selatan di daerah Cidaun.

“Pelibatan relawan tanggap bencana atau retana juga dioptimalkan dengan disiagakan di masing-masing wilayah terutama yang dilintasi jalur mudik,” imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com