Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Selatan Jawa Barat Mulai Ramai Pemudik, Polisi Terapkan "One Way"

Kompas.com - 06/04/2024, 14:31 WIB
Ari Maulana Karang,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

GARUT, KOMPAS.com - Jalur mudik selatan Jawa yang melintasi Limbangan, Garut, Jawa barat, mulai dipadati jalur pemudik sejak Sabtu (6/4/2024) dini hari.

Untuk mengurai kemacetan polisi sempat beberapa kali memberlakukan one way di ruas jalan Limbangan-Tasikmalaya sejak Sabtu (6/4/2024) pagi.

"Sejak pukul 00.00, sabtu dinihari sudah ada kemeriahan dampak one way di (Gerbang) Tol Cikatama," jelas Kanit Gakkum Satlantas Polres Garut Iptu Priyo Sambodo di Pasar Limbangan, Garut, Sabtu (6/4/2024).

Baca juga: Tol Japek Siang Ini Ramai Lancar, Contraflow dan One Way Masih Berlaku

Setelah ada peningkatan arus mudik sejak dini hari, antrean kendaraan sempat terjadi akibat adanya aktivitas warga di Pasar Limbangan. 

Polisi pun memberlakukan one way pendek untuk mengurai kepadatan di sana.

"Sejak pukul 04.00 pagi sudah mulai ada antrean akibat aktivitas di Pasar Limbangan sehingga sempat diberlakukan CB one way," katanya.

One way dilakukan dengan cara menutup arus kendaraan dari arah Tasikmalaya di pertigaan menuju Kecamatan Selaawi tidak jauh dari Alun-Alun Limbangan.

Sedangkan arus kendaraan dari arah Bandung ke Tasikmalaya bisa menggunakan dua lajur jalan mulai dari Rumah Makan Pananjung kurang lebih 2 kilometer sebelum Pasar Limbangan sehingga dua ruas jalur bisa sepenuhnya digunakan arus kendaraan dari arah Bandung. 

Lama pemberlakuan one way biasanya disesuaikan dengan tingkat kepadatan kendaraan.

Baca juga: Betung-Palembang Macet 23 Km, Pemudik Menginap di Jalan

 

Sampai Sabtu (6/04/2024) siang, polisi sedikitnya sudah dua kali memberlakukan one way dengan durasi tiap kali bisa mencapai satu jam.

Pemberlakuan one way pendek tersebut, mampu mengurai antrean kendaraan dari arah Bandung ke Tasikmalaya hingga Sabtu (6/04/2024) siang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com